Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Garda Nasional AS di Gedung Capitol Jatuh Sakit Gara-gara Daging Mentah yang Disajikan

Kompas.com - 04/03/2021, 21:28 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Para tentara Garda Nasional yang menjaga keamanan di Gedung Capitol AS dikabarkan jatuh sakit, setelah diberi makan daging yang hampir seluruhnya mentah.

Melansir New York Post pada Rabu (3/3/2021), disebutkan juga bahwa ada makanan tentara itu yang berisi potongan logam.

Seorang sersan dari Garda Nasional Michigan, yang tidak menyebutkan nama, mengatakan kepada media WXYZ bahwa pasukan telah berulang kali protes tentang makanan.

Baca juga: 7.000 Garda Nasional Akan Bertahan di Washington DC hingga Maret

Sebab, puluhan pasukan Garda Nasional telah jatuh sakit karena hidangan daging yang kurang matang.

"Kemarian, misalnya, ada 74 porsi makanan berbeda yang ditemukan daging sapi mentah di dalamnya," ujar sersan tersebut kepada stasiun televisi, WXYZ, pada Senin (1/3/2021) dengan membagikan gambar daginig yang terlihat benar-benar mentah di bagian tengah.

"Baru kemarin...tentara menemukan potongan logam di makanan mereka," ucapnya.

Para tentara Garda Nasional mendapatkan makanan setengah matang yang "baik pada awalnya", kemudian dibuat "lebih berbahaya" disertai ada keterlambatan pengiriman makanan.

Baca juga: Jill Biden Sebut Dirinya Ibu Garda Nasional Sambil Ucapkan Terima Kasih dan Bagikan Kue

Meski, pasukan Garda Nasional memiliki peran kunci dalam menjaga keamanan Gedung Capitol dari ancaman teroris domestik, mereka mengalami kekurangan makanan, keluh sersan itu.

Tentara lain mengeluh pada Februari lalu bahwa "beberapa tentara jatuh sakit dan muntah setelah makan," kata Detroit News.

“Moral sangat buruk; banyak yang telah melayani di luar wilayahnya dan tidak dapat dipercaya dengan kualitas makanan yang mereka dapatkan di sini," keluh tentara itu.

Garda Nasional dari Michigan tercatat ada hampir 1.000 tentara yang masih berjaga di Capitol.

Baca juga: Garda Nasional Telantar Tidur di Parkiran Gedung Capitol, Joe Biden Minta Maaf

Satuan Garda Nasional Michigan merilis pernyataan pada Senin (1/3/2021) yang menyebut laporan itu "sangat mengkhawatirkan" dan "tidak dapat diterima," dan mengatakan pihaknya sedang berurusan dengan orang ketiga yang terlibat.

“Kesehatan dan kesejahteraan anggota layanan Garda Nasional Michigan kami adalah yang terpenting bagi kesuksesan mereka sewaktu mereka terus melayani dalam misi di Amerika Serikat dan di seluruh dunia,” kata pernyataan itu.

Kantor Gubernur Gretchen Whitmer mengatakan kepada media lokal bahwa dia telah mengangkat masalah itu pada Februari lalu dan diyakinkan bahwa masalah itu telah diperbaiki.

Baca juga: Informasi Simpang Siur, Garda Nasional Sempat “Diusir” Sebelum Diminta Kembali Masuk Gedung Capitol

Semua 14 anggota delegasi DPR Michigan menandatangani surat pada Selasa (2/3/2021), yang meminta pihak institusi Garda Nasional untuk membatalkan kontrak layanan makanan dan mencari vendor lain.

"Sangat tidak dapat diterima bahwa pria dan wanita kami yang bertugas di Washington, DC, dirawat di rumah sakit karena makanan yang mereka (pihak katering) sediakan," tulis anggota parlemen tersebut.

Pasukan Garda Nasional Michigan berkontribusi sekitar 20 persen dari 5.200 tentara penjaga dan penerbang yang mendukung penegakan hukum sipil di Gedung Capitol, kata Detroit News, dengan penempatannya akan berakhir pada 12 Maret.

Baca juga: Lebih dari 150 Garda Nasional yang Berjaga di Pelantikan Joe Biden Positif Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com