Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saingi Harry dan Meghan, Keluarga Kerajaan Inggris Akan Tampil di Program TV

Kompas.com - 23/02/2021, 17:17 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth dan bangsawan senior Inggris lainnya akan tampil dalam sebuah program TV untuk membahas “pentingnya Persemakmuran Inggris.”

Program itu akan disiarkan pada hari yang sama ketika wawancara Oprah Winfrey tentang cucunya Pangeran Harry dan istrinya Meghan ditayangkan.

Selama hampir 50 tahun, keluarga kerajaan merayakan Commonwealth Day setiap tahun dengan menghadiri kebaktian di Westminster Abbey London pada Maret. Tetapi karena pandemi Covid-19, tradisi itu telah dibatalkan tahun ini.

Sebaliknya, Sang Ratu yang mengepalai asosiasi dari 54 negara, akan menyampaikan pesan di televisi sebagai bagian dari program berjudul "Perayaan untuk Hari Persemakmuran." Acara ini akan disiarkan di BBC.

Baca juga: Istana Buckingham: Pangeran Harry dan Meghan Tidak Akan Kembali Bekerja sebagai Anggota Keluarga Kerajaan

Pewaris takhta Pangeran Charles dan dari penerus berikutnya, Pangeran William, dengan istrinya Kate juga akan berpartisipasi dalam program tersebut.

Program itu berarti akan mengudara beberapa jam sebelum cerita Harry dan Meghan yang sangat dinanti-nantikan.

Keturunan kerajaan Inggris itu akan melakukan wawancara mendalam pertama mereka sejak pindah ke Amerika Serikat, pada 7 Maret melalui channel CBS.

Mereka diharapkan menyuarakan keluhan tentang perlakuan dalam keluarga kerajaan kepada mereka, setelah pernikahan layaknya cerita dongeng pada 2018.

Informasi itu datang pada saat pasangan tersebut menjadi berita utama internasional. Tepatnya ketika mereka mengumumkan sedang menanti kelahiran anak keduanya. Di waktu yang sama, mereka juga dikabarkan berhenti menjalankan peran kerajaan untuk selamanya.

Baca juga: Pangeran William Terkejut, Keputusan Pangeran Harry Dianggap Tak Menghormati Ratu Elizabeth II

"Kami sangat senang bahwa program BBC yang kaya dan bersemangat. Keluarga Kerajaan dan The Abbey pada intinya akan merayakan hubungan global kami, pada saat kita semua begitu terisolasi secara fisik," kata David Hoyle, Dekan Biara Westminster Abbey melansir Reuters.

Harry dan Meghan menghadiri kebaktian Commonwealth Day secara langsung tahun lalu. Itu adalah keterlibatan terakhir mereka sebagai anggota kerajaan, sebelum pindah ke Los Angeles dan menjauh dari tugas resmi kerajaan.

Keputusan mereka itu memberikan gelombang kejutan ke seluruh kerajaan Inggris.

Minggu lalu, Istana Buckingham mengumumkan bahwa pasangan itu tidak akan kembali. Perlindungan kerajaan mereka yang berharga akan dikembalikan kepada ratu, dan didistribusikan di antara anggota keluarga lainnya.

Baca juga: Tanda Kehormatan Militer Pangeran Harry akan Dicabut Kerajaan Inggris

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com