Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Bandar Narkoba El Chapo Ditangkap Setelah Ada Informan yang Bersedia Bersaksi

Kompas.com - 23/02/2021, 16:17 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Daily Mail

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Istri bandar narkoba asal Meksiko El Chapo ditangkap setelah ada informan yang bersedia bersaksi untuk melawannya.

Emma Coronel Aispuro ditangkap pada Senin (22/2/2021, dan menjadi penangkapan kelas kakap pertama di era Presiden Joe Biden.

Mantan ratu kecantikan berusia 31 tahun yang punya dua kewarganegaraan itu akan dihadapan pada pengadilan, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Istri Gembong Narkoba El Chapo Ditangkap, Ini Beragam Tuduhan Kepadanya

Aispuro didakwa mendistribusikan kokain, methamphetamine, heroin, dan ganja kemudian menyiapkannya untuk dijual ke AS.

Proses peredaran narkoba itu dilakukan pada 2014 hingga El Chapo diekstradisi ke "Negeri Uncle Sam" pada 2017.

Aispuro didakwa membantu suaminya kabur, dalam aksi pelarian terkenal pada 11 Juli 2015 di Penjara Altiplano, Almoloya de Juarez, Meksiko.

Washington bisa memproses Aispuro setelah mendapatkan keterangan informan, yang hanya disebut "Saksi Kooperatif 1".

Saksi itu bersedia bersaksi mereka dibayar 100.000 dollar AS (Rp 1,4 miliar) untuk membantu pemimpin kartel Sinaloa itu kabur, saat ditangkap lagi di 2016.

Total sebagaimana diberitakan Daily Mail, pemberi informasi itu mengaku dibayar hingga 1 juta dollar AS (sekitar Rp 14 miliar).

Baca juga: Istri Gembong Narkoba El Chapo Ditangkap di Bandara AS

Saksi itu mengaku Aispuro mengawasi rencana memberikan suap 2 juta dollar AS (Rp 28,1 miliar) ke kepala penjara Meksiko.

Harapannya, si bandar narkoba bisa dipindahkan dari penjara di Ciudad Juarez ke Altiplano, di mana dia bisa kabur seperti biasanya.

Si "Saksi Kooperatif 1" menyatakan, Aispuro menyuruhnya membayarkan uang itu supaya proses pemindahan bisa terjadi.

Mike Vigil, mantan agen Badan Pencegahan Narkoba AS (DEA) mengatakan, Aispuro adalah "putri narko" dan terlibat dalam dunia perdagangan.

Ketika bandar dengan nama asli Joaquin Guzman itu dibekuk lagi pada Januari 2016, si istri sempat merencanakan aksi pelarian kedua.

Vigil menjelaskan, Aispuro tidak hanya sosok distributor maupun pencuci uang kejahatan suaminya. Namun bisa menjadi pembawa pesan.

Baca juga: Polisi Peru Temukan Terowongan Ke Penjara, Diduga Dibuat Kartel El Chapo

Emma Coronel Aispuro, istri Joaquin El Chapo Guzman berjalan keluar dari Pengadilan Federal Brooklyn pada 17 Juli 2019, setelah gembong narkoba Meksiko Joaquin El Chapo Guzman dihukum, di kota New York.AFP/JOHANNES EISELE Emma Coronel Aispuro, istri Joaquin El Chapo Guzman berjalan keluar dari Pengadilan Federal Brooklyn pada 17 Juli 2019, setelah gembong narkoba Meksiko Joaquin El Chapo Guzman dihukum, di kota New York.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com