Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Gaya Victoria Berusia 139 Tahun Dipindahkan secara Utuh Lewati Jalan San Francisco

Kompas.com - 22/02/2021, 16:16 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Sebuah rumah Victoria berusia 139 tahun dipindahkan secara utuh melalui jalan-jalan San Francisco ke lokasi barunya pada Minggu (21/2/2021).

Rumah seluas 5.170 kaki persegi tersebut dikenal sebagai Englander House. Bangunan dengan enam kamar itu dipindahkan dari alamat aslinya di 807 Franklin St ke 635 Fulton St, hanya beberapa blok jauhnya.

Proses pemindahan itu berubah menjadi seperti sebuah parade. Penonton yang terpesona keluar untuk menyaksikan truk perlahan dan dengan hati-hati menarik rumah bersejarah itu melalui jalan-jalan kota.

“Itu merupakan salah satu kegembiraan terbesar yang pernah saya alami dalam 10 tahun. Bagaimana jika jatuh?” salah satu penonton, Camilla Blomqvist, mengatakan kepada San Francisco Chronicle.

Baca juga: [VIDEO] 3 Rumah Unik yang Berada di Lokasi Tak Biasa

 

Rumah itu adalah milik warga San Francisco, Tim Brown. Dia membelinya pada 2013 dengan rencana untuk memperbaikinya setelah rusak, menurut Hoodline.

SF Gate melaporkan rumah itu serta sebuah ruang mayat tua yang sekarang terletak di sampingnya, akan digabungkan. Sejumlah pengembangan akan dilakukan untuk menjadikan properti itu gedung apartemen 17 unit.

Sementara di atas tanah tempat rumah itu sebelumnya berada kompleks akan dibangun apartemen 47 unit.

Rumah hijau dengan jendela besar dan pintu depan berwarna coklat tersebut diangkut oleh truk raksasa dan dipindahkan ke lokasi baru yang berjarak enam blok.

Buzz Feed News melaporkan, penonton berbaris di trotoar untuk mengambil foto saat bangunan itu berpindah, dengan kecepatan tertinggi 1 mph, ke 635 Fulton St.

Baca juga: Inspirasi Energi: Listrik dari PLTU Batubara Terseok Selama Pandemi, Emisi Gas Rumah Kaca Menurun

Menurut San Francisco Chronicle pemindahan rumah tua itu telah dalam tahap perencanaan selama bertahun-tahun.

Perusahaan veteran pengangkutan rumah milik Phil Joy, mengatakan kepada surat kabar itu bahwa pihaknya harus mendapatkan izin sebanyak lebih dari 15 agen kota.

Joy mengatakan langkah ini sebagian rumit karena bagian pertama dari perjalanan tersebut melibatkan jalur yang menuruni bukit.

“Itu selalu sulit untuk sebuah rumah,” katanya melansir AP.

Sepanjang rute, meteran parkir digelar, dahan pohon dipangkas dan rambu lalu lintas dipindahkan.

Pemilik rumah yang juga seorang broker di San Francisco, akan membayar sekitar 400.000 dollar AS (Rp 5,6 miliar) untuk biaya dan biaya pindah, menurut Chronicle.

Baca juga: Usai Diintip Paparazzi, Harry dan Meghan Langsung Pindah Rumah Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com