Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Texas Kesulitan Air Bersih Saat Badai Musim Dingin -18 Derajat Celcius

Kompas.com - 20/02/2021, 10:23 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber BBC

AUSTIN, KOMPAS.com - Negara bagian Texas, AS dilanda kesulitan air bersih, setelah beberapa hari juga terjadi pemadaman listrik di tengah badai musim dingin ekstrem -18 derajat Celcius.

Pasokan air bersih Texas menurun karena kerusakan sistem akibat cuaca dingin yang bersejarah.

Alhasil, pemerintah menghimbau kepada 13 juta penduduknya untuk merebus air sebelum dikonsumsi.

Baca juga: Salahkan Warga yang Menderita Badai Musim Dingin, Wali Kota di AS Mundur

Melansir BBC pada Sabtu (20/2/2021), sedikitnya 24 orang telah tewas dan para pejabat memperkirakan jumah itu akan meningkat.

Beberapa negara bagian selatan AS lainnya yang dilanda badai salju pekan ini juga melaporkan pemadaman layanan air karena kerusakan.

Cuaca musim dingin juga memutus aliran air di kota Jackson, Mississippi, dengan penduduk sekitar 150.000 orang, serta county terbesar di Tennessee, termasuk kota Memphis yang berpenduduk 651.000.

Wilayah yang terletak di bagian selatan AS ini tidak terbiasa dengan suhu yang sangat dingin. Mereka yang dilanda cuaca dingin yang ekstrem merebus salju untuk memperoleh air.

Baca juga: Pemadaman Listrik Bergilir di Amerika Serikat Saat Badai Musim Dingin 20 Lebih Orang Tewas

Suhu ekstrem

Jaringan energi negara bagian Barat Daya di sana telah kewalahan dengan peningkatan permintaan pemanas udara karena suhu berada di tingkat terendah selama 30 tahun, yaitu mencapai -18 derajat Celcius sejak awal pekan ini.

Hingga Jumat (19/2/2021), sekitar 180.000 bangunan rumah dan usaha di Texas masih mati listrik.

Sekitar 13 juta warga, hampir setengah dari populasi negara bagian, menghadapi gangguan layanan air, karena ratusan sistem air telah rusak akibat pembekuan.

Direktur air kota pada Kamis (18/2/2021) mengatakan kepada wartawan bahwa ibu kota negara Austin telah kehilangan 325 juta galon atau 1,2 miliar liter air ketika pipa-pipa saluran pecah.

Kota terbesar Texas, Houston, berada di bawah seruang "pemberitahuan rebus air", dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyarankan untuk semua air yang akan dikonsumsi harus direbus dan disaring untuk menghindari kontaminasi.

Baca juga: Tantangan Mi Instan Beku Viral pada Musim Dingin di Rusia

Pejabat setempat mengatakan bahwa mereka sedang bekerja untuk segera mendistribusikan air kemasan serta generator listrik kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pabrik bir dan bisnis lokal lainnya juga membantu untuk menyediakan air minum untuk para warga.

Pada Jumat (19/2/2021), Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan negara bagian menyediakan "setiap dan semua sumber daya untuk membantu dan mempercepat penanganan di tingkat lokal".

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com