Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Tidak Berencana Menghubungi Putra Mahkota Arab Saudi, Kenapa?

Kompas.com - 14/02/2021, 22:05 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Al Jazeera

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Joe Biden tidak berencana memanggil penguasa de facto Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS).

Biden mengatakan dia bermaksud menjadikan hak asasi manusia sebagai masalah utama dalam hubungan AS-Saudi, yang dia janjikan selama kampanye pemilu 2020.

Melansir Al Jazeera pada Sabtu (13/2/2021), Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan tidak ada panggilan yang direncanakan ke putra mahkota negara kaya minyak itu.

“Jelas ada tinjauan atas kebijakan kami yang terkait dengan Arab Saudi. Tidak ada rencana panggilan sejauh yang saya ketahui," katanya dalam pengarahan berita harian pada Jumat (12/2/2021).

Psaki sebelumnya mengesampingkan pertanyaan tentang apakah pemerintah akan menjatuhkan sanksi pada Arab Saudi. Khususnya terkait pembunuhan kolumnis Washington Post pada 2018, Jamal Khashoggi oleh agen Saudi di konsulat kerajaan di Istanbul.

Baca juga: AS Minta Arab Saudi Perbaiki Catatan HAM dan Pembebasan Aktivis

Biden awal bulan ini meluncurkan langkah pertama dalam mengambil garis yang lebih tegas dengan kerajaan itu. Pemerintahannya mengumumkan diakhirinya dukungan AS untuk operasi ofensif oleh koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang memerangi gerakan Houthi yang berpihak pada Iran di Yaman.

Awal bulan ini, Psaki juga menyebut kematian Khashoggi sebagai "kejahatan mengerikan."

Dia menegaskan kembali niat pemerintah AS untuk melakukan deklasifikasi laporan intelijen AS. Khusus tentang pembunuhan tersebut, yang menurut CIA telah disetujui dan mungkin diperintahkan oleh MBS.

Pangeran membantah memerintahkan pembunuhan itu.

Belakangan singal mulai dikirimkan Arab Saudi yang mencoba memperbaiki catatan hak asasi manusianya. Aktivis hak perempuan terkemuka Loujain al-Hathloul dibebaskan minggu ini dari penjara Saudi setelah hampir tiga tahun di balik jeruji besi.

Kelompok hak asasi manusia dan keluarganya mengatakan dia menjadi sasaran kekerasan di penjara. Antara lain dengan sengatan listrik, waterboarding, cambuk dan kekerasan seksual. Tuduhan ini dibantah oleh Arab Saudi.

Baca juga: Aktivis Pejuang Hak Wanita Mengemudi di Arab Saudi Akhirnya “Bebas”

Al-Hathloul, mendorong untuk mengakhiri larangan perempuan mengemudi di Arab Saudi. Wanita berusia 31 tahun ini dipenjara pada 2018 dan dijatuhi hukuman penjara hampir enam tahun oleh pengadilan pada Desember. Tuduhannya terkait terorisme, dalam kasus yang menuai kecaman internasional.

Ditahan selama 1.001 hari, dengan masa penahanan pra-sidang dan kurungan isolasi, dia dinyatakan bersalah atas tuduhan termasuk mendorong perubahan, mengejar agenda asing, dan menggunakan internet untuk merusak ketertiban umum.

Meski dibebaskan, al-Hathloul akan tetap di bawah kondisi ketat, termasuk larangan perjalanan lima tahun dan masa percobaan tiga tahun.

Baca juga: Aktivis yang Baru Dibabaskan Arab Saudi, Klaim Alami Pelecehan Seksual dan Penyiksaan Selama Interogasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com