Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Kemarahan Tanggapi Hasil Penyelidikan Asal-usul Covid-19 WHO | Sidang Pemakzulan Trump Ungkap Sisi Haru Anggota Kongres

Kompas.com - 11/02/2021, 06:18 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Hasil penyelidikan WHO tentang asal-usul Covid-19 di China menimbulkan kemarahan sejumlah pihak, menjadi berita terpopuler di kanal global pada Rabu (10/2/2021) hingga Kamis (11/2/2021). 

Berita terpopuler selanjutnya adalah pemberitaan tentang sidang pemakzulan Donald Trump yang mengungkap cerita haru dari anggota Kongres. 

Simak berita populer global selengkapnya dari Kompas.com berikut ini:

1. Hasil Penyelidikan WHO tentang Asal-usul Covid-19 Picu Amarah, Kenapa?

Kemarahan muncul terhadap hasil penyelidikan WHO yang dituduh "menutupi" asal-usul Covid-19 di China karena disebutkan virus corona tidak berasal dari pasar makanan laut atau dari kebocoran laboratorium di Wuhan.

Sebelumnya, sebuah dugaan digaungkan sejak awal bahwa asal-usul Covid-19 yang muncul pertama di Wuhan itu berasal dari hewan yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan menular ke manusia.

Dugaan lainnya adalah asal-usul Covid-19 berada di Institut Virologi Wuhan yang kemudian bocor dan menyebar semakin luas.

Selengkapnya baca di sini.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Donald Trump Muncul Lagi di Media Sosial dengan Buka-bukaan Suratnya ke Kongres | Jenderal Senior Myanmar Beberkan Alasan Kudeta

2. Sidang Pemakzulan Trump Ungkap Momen Haru Keluarga Anggota Kongres dalam Kerusuhan Gedung Capitol

Jamie Raskin, anggota Kongres yang memimpin sidang pemakzulan Donald Trump pada Selasa (9/2/2021), menggambarkan peristiwa kerusuhan Gedung Capitol mengancam nyawa keluarganya yang datang bersamanya untuk bekerja.

Raskin berhenti beberapa kali untuk menahan air mata, ketika dia menyatakan kasus Demokrat untuk memakzulkan Trump adalah terkait tuduhan menghasut kerusuhan yang mematikan, seperti dilansir AFP pada Selasa (9/2/2021).

Raskin diketahui putranya bunuh diri hanya beberapa hari sebelum peristiwa mengerikan pada 6 Januari.

Selengkapnya baca di sini.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Hotel Bintang 5 Banting Setir Jualan Nasi Bungkus | Jutaan Orang Larang Trump Jadi Pejabat Negara Lagi

3. AS Kini Tolak Klaim Israel atas Dataran Tinggi Golan, Ini Pernyataan PM Netanyahu

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada Selasa (9/2/2021) bahwa Dataran Tinggi Golan adalah milik Israel selamanya usai pernyataan sebaliknya dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken.

Sebelumnya, Menlu AS menyuarakan pernyataan yang tidak lagi mengakui klaim Israel atas Dataran Tinggi Golan, seperti dikutip dari Arab News.

Pada 2019, Presiden AS saat itu, Donald Trump berbeda pendapat dengan mayoritas negara lainnya dengan mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari Israel.

Selengkapnya baca di sini.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Identitas Ibu yang Marah Usai Putar Balik | Trump Tolak Bersaksi di Pemakzulan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com