Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pete Buttigieg Jadi Menteri Gay Pertama yang Dikonfirmasi Secara Terbuka oleh Senat AS

Kompas.com - 03/02/2021, 08:30 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pete Buttigieg menjadi menteri gay pertama yang secara terbuka dikonfirmasi oleh anggota parlemen Amerika Serikat (AS).

Melansir Reuters, Rabu (3/2/2021), Buttigieg yang pernah menjadi mantan walikota South Bend, Indiana dan menantang Joe Biden dalam pencalonan presiden dari Partai Demokrat dikonfirmasi oleh Senat AS pada Selasa untuk memimpin Departemen Transportasi AS.

Buttigieg akan mengawasi penerbangan, jalan raya, kendaraan, jaringan pipa dan transportasi publik juga upaya memastikan transportasi aman selama pandemi Covid-19.

Dia akan menjadi peran kunci dalam upaya drastis Gedung Putih yang ingin meningkatkan infrastruktur.

Melalui Twitternya, Buttigieg mengatakan, "Saya merasa terhormat dan tersanjung dengan pemungutan suara hari ini di Senat dan siap untuk mulai bekerja di @USDOT."

Baca juga: Pete Buttigieg Mundur dari Pilpres AS

Senator Maria Cantwell mengatakan Buttigieg memahami sejauh mana kebutuhan infrastruktur AS yang signifikan yang belum terpenuhi, yang menurutnya telah kekurangan dana pemerintah setidaknya 1,5 triliun dollar AS selama dekade terakhir.

Mantan wali kota Houston, Annise Parker, yang mengepalai LGBTQ Victory Institute, mengatakan,

"Pete menghancurkan penghalang politik yang telah berusia berabad-abad dengan dukungan bipartisan yang luar biasa dan itu membuka jalan bagi lebih banyak LGBTQ Amerika untuk mengejar posisi tinggi."

Buttigieg akan dihadapkan dengan berbagai pertanyaan tentang bagaimana caranya mengawasi banyak drone, mobil self-driving dan teknologi canggih lainnya.

Dia juga diharapkan akan meningkatkan keselamatan penerbangan setelah 2 kali kecelakaan fatal Boeing 737 MAX.

Baca juga: Nicholas Yatromanolakis, Menteri Gay Pertama di Yunani

Presiden AS Joe Biden sendiri telah mengusulkan 20 miliar dollar AS bantuan tambahan pemerintah untuk sistem transportasi AS yang tengah berjuang di tengah penurunan besar jumlah penumpang akibat Covid-19.

Serikat Transportasi Umum dan kelompok yang mewakili sistem transportasi publik pada Senin meminta hampir 40 miliar dollar AS bantuan pemerintah sementara kepentingan transportasi lainnya secara keseluruhan meminta lebih dari 70 miliar dollar AS.

Presiden Biden ingin meningkatkan pengeluaran secara drastis untuk infrastruktur AS dan berjanji akan meningkatkan standar ekonomi bahan bakar yang dipangkas di bawah pemerintahan Donald Trump.

Biden juga ingin mengganti armada kendaraan pemerintah dengan kendaraan listrik.

Baca juga: Leo Varadkar, Perdana Menteri Gay Pertama di Irlandia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com