Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Baru Joe Biden Kendalikan Covid-19: Wajibkan Penggunaan Masker di Transportasi Umum

Kompas.com - 02/02/2021, 17:56 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber REUTERS

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) berlakukan aturan baru sebelum Selasa tengah malam (2/2/2021) kepada jutaan pelancong, untuk menggunakan masker di fasilitas transportasi umum.

Meliputi kereta api, bus, kapal feri, taksi, angkuran umum lainnya serta bandara, stasiun, pelabuhan, dan pusat transit lainnya.

Aturan baru itu diperintahkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada Jumat malam (29/1/2021) untuk mengatasi penyebaran Covid-19, setelah Presiden Donald Trump melarang aturan itu pada Agustus lalu.

Baca juga: Pemerintahan Biden Disebut Tidak Tahu di Mana 20 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif itu pada 21 Januari, seperti yang dilansir dari Reuters pada Selasa (2/2/2021). 

Biden menugaskan lembaga federal untuk mengeluarkan aturan "untuk menyelamatkan nyawa dan mengizinkan semua orang Amerika, termasuk jutaan orang yang bekerja di industri transportasi, untuk bepergian dan bekerja dengan aman."

Kelompok advokasi FlyersRights.org pada Senin (1/1/2021) mendesak pemerintah Biden untuk mengambil langkah lebih jauh dan mengamanatkan penggunaan masker N95, KN95 atau masker medis di pesawat terbang serta "pedoman jarak sosial yang lebih ketat, pemeriksaan suhu (dan) pengujian cepat."

Baca juga: Pemerintah Thailand Perintahkan Oposisi Hapus Video Kritik Soal Vaksin Covid-19

Pesanan CDC memungkinkan masker buatan sendiri.

Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) mengeluarkan arahan keamanan pada Minggu (31/1/2021) yang memungkinkan mereka untuk mengeluarkan hukuman sipil dan menolak akses ke penerbangan bagi para pelancong yang tidak mengenakan masker.

Aturan akan berlaku setidaknya hingga 11 Mei.

Wisatawan diizinkan dalam waktu singkat untuk melepas masker saat makan, minum, atau minum obat, tetapi masker "harus dipakai di saat mengunyah dan meneguk," kata TSA.

Baca juga: Jepang Berencana Perpanjang Status Darurat Demi Tekan Penyebaran Covid-19

Hampir semua perjalanan AS diberi aturan, tetapi orang-orang dengan mobil pribadi dan pengemudi truk tunggal dikecualikan.

Perintah tersebut mewajibkan semua penumpang berusia 2 tahun ke atas untuk mengenakan masker, tetapi pelancong dapat menghindari penggunaan masker, jika mereka memiliki kondisi disabilitas.

American Airlines mengatakan pelanggan penyandang disabilitas yang tidak dapat memakai masker harus memberitahu maskapai 72 jam sebelum keberangkatan, untuk meminta pembebasan dan menunjukkan bukti tes Covid-19 negatif yang diambil dalam 3 hari setelah keberangkatan atau bukti pemulihan ke pesawat.

Baca juga: Dua Rabi Yahudi Terkemuka Tewas karena Covid-19, Ribuan Orang Berkumpul Abaikan Protokol Kesehatan

Maskapai penerbangan AS telah mengeluarkan aturan yang melarang ribuan orang melakukan penerbangan karena tidak memakai masker.

Kepala Eksekutif Delta Air Lines Ed Bastian mengatakan pada Senin (1/2/2021) bahwa maskapai tersebut telah melarang sekitar 950 orang hingga saat ini.

Dia mengatakan perintah Biden "menambah lapisan perlindungan bagi orang-orang kami yang telah integral dalam menegakkan kebijakan masker kami."

TSA mengatakan operator harus melakukan "upaya menurunkan orang yang menolak untuk mematuhinya secepat mungkin".

Baca juga: Kasus Infeksi Covid-19 di Portugal Meningkat bak Tsunami, Jerman Kirim Bantuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber REUTERS
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com