Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bea Cukai AS Sita Kargo Kertas Toilet Bernilai Miliaran Rupiah Ternyata Ini Isinya

Kompas.com - 01/02/2021, 23:59 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

TEXAS, KOMPAS.com - Petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP) AS dan Kantor Operasi Lapangan (OFO) melakukan tiga penyitaan yang tidak terkait minggu lalu di pelabuhan masuk Laredo di Texas.

Melansir Newsweek pada Senin (2/2/2021), dua diantara penyitaan itu terjadi pada hari yang sama.

Pada Selasa (26/1/2021), petugas CBP yang ditugaskan di fasilitas kargo menemukan traktor yang mengangkut kiriman tisu toilet yang tiba dari Meksiko.

Setelah traktor dirujuk ke pemeriksaan sistem pelacakan anjing dan pemindaian, 43 paket yang berisi 113,89 pon kokain ditemukan di trailer.

CPS mengatakan kokain memiliki perkiraan nilai jalan 878.220 dollar AS (Rp 12 miliar).

Baca juga: Karena Nama Bos Mafia di Film John Wick, Polisi Italia Gagalkan Penyelundupan Kokain

Malam harinya, petugas menemukan truk kiriman ekspres harian yang mengangkut sampel vinil yang tiba dari Meksiko.

Traktor itu juga dirujuk untuk pemeriksaan, di mana satu paket yang berisi 17,85 pon metamfetamin senilai sekitar 357.145 dollar AS (Rp 5 miliar) ditemukan.

Pada Rabu (27/1/2021) 20 paket berisi 51,49 pon kokain ditemukan juga ditemukan di sebuah traktor yang merupakan kiriman lemari dapur yang datang dari Meksiko.

Narkoba tersebut diperkirakan memiliki nilai jalan 397.120 dollar AS (Rp 5,6 juta).

Total dalam tiga temuan itu, pihak berwenang menyita hampir 200 pon obat-obatan terlarang senilai lebih dari 1,6 juta dollar AS (Rp 22,5 miliar) menyusul tiga pencarian terpisah di pelabuhan masuk Laredo di Texas.

"Seperti yang digambarkan oleh tiga penyitaan ini, petugas garis depan kami di World Trade Bridge terus menjaga kewaspadaan mereka. Kami mendukung misi CBP dengan mengganggu aliran narkotika ilegal yang memasuki perbatasan kami," kata Pejabat Direktur Pelabuhan Eugene Crawford, Pelabuhan Masuk Laredo dalam sebuah pernyataan.

Minggu lalu, terungkap bahwa divisi Dallas dari Administrasi Penegakan Narkoba AS (DEA) telah membuat penggerebekan narkoba besar-besaran pada bulan Oktober.

Hasilnya didapatkan lebih dari 45 juta dollar AS (Rp 630 miliar) metamfetamin disita.

Baca juga: Detik-detik Kepulangan 11 Orangutan ke Indonesia, Usai Diselamatkan dari Penyelundupan di Thailand dan Malaysia

DEA mengatakan lebih dari 1.930 pon sabu ditemukan dimasukkan ke dalam 663 paket di kompartemen tersembunyi beroda 18, di Interstate 35 di Denton County.

Hasil tangkapan itu adalah penangkapan sabu terbesar dalam sejarah Texas Utara.

"Ini jumlah yang mengejutkan untuk penyitaan dalam pada satu waktu," kata Eduardo Chavez, agen khusus yang bertanggung jawab untuk DEA Dallas, kepada stasiun TV lokal WFAA. "Mereka seperti tautan sosis."

Chavez menambahkan: "Saya melihat banyak nyawa terselamatkan ketika kita dapat menumpuk kilogram obat-obatan seperti ini di atas meja. Sayangnya, metamfetamin adalah salah satu ancaman terbesar di Texas Utara, jadi kami akan mengantisipasi bahwa banyak dari itu ditujukan untuk pasar di sini."

Pihak berwenang yakin obat-obatan itu mungkin berasal dari Jalisco New Generation Cartel, atau CJNG.

DEA menawarkan hadiah 10 juta dollar AS (Rp 140 miliar) untuk penangkapan pemimpin kartel Nemesio Oseguera Cervantes, juga dikenal sebagai El Mencho.

Baca juga: Ilmuwan Minta Kuda Nil Peliharaan Bandar Narkoba Pablo Escobar Dibunuh, Ini Alasannya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com