Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian Baru Virus Corona Asal Brasil Sudah Masuk Amerika Serikat

Kompas.com - 26/01/2021, 22:55 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SAINT PAUL, KOMPAS.com - Kasus pertama varian baru virus corona asal Brasil telah dikonfirmasi di Amerika Serikat, kata otoritas kesehatan di negara bagian Minnesota, pada Senin (25/1/2021).

Departemen Kesehatan Minnesota mengatakan, "Laboratorium Kesehatan Masyarakat menemukan varian virus SARS-CoV-2 yang dikenal sebagai varian Brasil P.1 dalam spesimen dari seorang penduduk Minnesota dengan riwayat perjalanan baru-baru ini ke Brasil."

Pasiennya adalah warga area metro kota kembar di Minneapolis dan Saint Paul. Ia dinyatakan positif Covid-19 pada awal Januari dan disarankan untuk isolasi.

Baca juga: Vaksin Moderna Disebut Para Ilmuwan Bekerja terhadap Varian Baru Virus Corona

Kasus varian baru virus corona Brasil serta tiga kasus varian baru virus corona Inggris di Minnesota dalam beberapa minggu terakhir, menekankan pentingnya membatasi bepergian selama pandemi sebanyak mungkin, kata Ruth Lynfield pakar epidemiologi di negara bagian tersebut.

Presiden Joe Biden pada Senin memberlakukan kembali larangan perjalanan pada sebagian besar WNA dari Inggris, Brasil, Irlandia, dan sebagian besar Eropa.

Biden juga melanjutkan larangan masuk pelancong yang baru dari Afrika Selatan.

Baca juga: Biden Ajak Orang Beli Produk Amerika, tapi Dia Pakai Jam Tangan Swiss

Sang presiden baru pekan lalu juga memperketat aturan pemakaian masker, dan memerintahkan karantina bagi orang-orang yang terbang ke Amerika Serikat.

Covid-19 di Amerika Serikat mencatatkan lebih dari 25 juta kasus sejak pandemi dimulai, menurut penghitungan Universitas Johns Hopkins.

Total kasus virus corona di Amerika Serikat itu terjadi lima hari setelah mencatatkan 400.000 kematian akibat Covid-19.

Baca juga: Apa Pengaruh Varian Baru Virus Corona pada Anak? Ini Kata WHO

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com