Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pelantikan Biden, Kota-kota Besar di AS Pancarkan Sinar Mengenang Korban Covid-19

Kompas.com - 20/01/2021, 11:04 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pada malam jelang pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden, beberapa kota di AS berpartisipasi dalam peringatan untuk menghormati para korban Covid-19.

Melansir New York Post, beberapa kota tersebut menerangi bangunan-bangunan ikonik dengan cahaya kuning dan juga membunyikan lonceng gereja.

Di New York sendiri misalnya, Gedung Empire State berwarna merah terang seperti darah dalam detak jantung, menyiratkan tanda suram bagi kepemimpinan akhir pemerintahan Donald Trump.

Momen persatuan nasional yang dipelopori pemerintahan Biden yang akan datang ini terjadi pada Selasa malam (19/1/2021) waktu setempat.

Baca juga: Jelang Pelantikan Biden, Toko Senjata di AS Diserbu Pembeli

Sebuah waktu yang tepat pada hari di mana AS telah melampaui 400.000 angka kematian akibat Covid-19.

Joe Biden dan wakilnya, Kamala Harris menyampaikan sambutan di Lincoln Memorial di mana sebanyak 400 lampu telah dipasang di kolam pantulan untuk mengenang para korban Covid-19.

Gedung Capitol AS dipersiapkan untuk upacara pelantikan Presiden terpilih Joe Biden saat Field of Flags diterangi di National Mall pada hari Senin, 18 Januari 2021 di Washington, DC. Sekitar 191.500 bendera akan menutupi sebagian dari National Mall dan akan mewakili orang Amerika yang tidak dapat melakukan perjalanan ke Washington, untuk pelantikan Biden.AP/JOE RAEDLE Gedung Capitol AS dipersiapkan untuk upacara pelantikan Presiden terpilih Joe Biden saat Field of Flags diterangi di National Mall pada hari Senin, 18 Januari 2021 di Washington, DC. Sekitar 191.500 bendera akan menutupi sebagian dari National Mall dan akan mewakili orang Amerika yang tidak dapat melakukan perjalanan ke Washington, untuk pelantikan Biden.

Tak hanya New York, rupanya beberapa kota metropolitan lain ikut bergabung dalam upacara penghormatan para korban Covid-19. Apa sajakah kota-kota tersebut? Berikut ini selengkapnya.

Baca juga: Daftar Aturan yang Dihapus Joe Biden Setelah Pelantikan Presiden AS

New York City

Di "Big Apple", Wali Kota de Blasio dan istrinya, Chirlane McCray memberikan sambutan mereka di Patung Liberty.

Wali Kota de Blasio mengatakan bahwa New York dan AS telah menghadapi tantangan luar biasa dalam sejarah.

"Saat kita mengingat mereka yang tiada karena Covid-19, kita juga harus ingat bahwa kekuatan dan persatuan kita selalu membantu kita menang," ungkap de Blasio.

“Saya merasa terhormat dapat berdiri bersama Lady Liberty, suar harapan bagi bangsa dan dunia, serta menantikan hari-hari cerah yang akan datang,” imbuhnya.

Belasan bangunan diterangi termasuk Empire State Building dan One World Trade Center.

Baca juga: FBI Turun Tangan Cegah Penyusup Masuk dalam Garda Nasional untuk Pelantikan Biden

Boston

Lebih dari belasan situs di Boston termasuk jembatan dan rumah sakit menerangi bangunan mereka dengan lampu berwarna kuning dalam partisipasi mereka, lapor NBC Boston.

Di antaranya seperti TD Garden, University of Massachusetts Boston dan Rumah Sakit Anak Boston.

Baca juga: 3 Fakta Pelantikan Joe Biden-Kamala Harris

Chicago

Di Kota Chicago yang berangin, selain pencahayaan bangunan ikonik tertentu, pejabat kota mengajak penduduk dan pemilik usaha kecil untuk mematikan lampu mereka dan menyalakan lilin di jalan masuk atau balkon mereka dalam kesunyian, lapor NBC Chicago.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com