Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pendaki Nepal Ukir Sejarah dengan Taklukkan Gunung Tertinggi Kedua di Dunia

Kompas.com - 18/01/2021, 09:09 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Sebanyak 10 pendaki dari Nepal membuat sejarah dengan menjadi tim pertama di musim dingin yang mencapai puncak K2 Pakistan, gunung tertinggi kedua di dunia.

Melansir Voice of America (VOA), puncak pendakian bersejarah itu terjadi pada Sabtu (16/1/2021) dan bersamaan dengan seorang pendaki Spanyol yang tewas, Sergi Mingote (49) karena jatuh dari 500 meter.

Gunung K2 memiliki ketinggian 8.611 meter atau 28.251 kaki. Medan di puncak gunung tersebut dikenal sebagai puncak paling berbahaya dan menantang secara teknis di dunia.

"Yang tidak mungkin menjadi mungkin! K2 Musim Dingin - Sejarah dibuat untuk umat manusia, Sejarah dibuat untuk Nepal!" tulis Nirmal Purja di Twitter setelah mencapai puncak 'gunung ganas' itu bersama para pendaki Nepal lainnya.

Pihak penyelenggara pendakian, Seven Summit Treks juga menginformasikan pencapaian itu di Twitter.

Mereka mengatakan bahwa gunung mematikan Karakoram atau K2 itu telah ditaklukkan di musim yang paling berbahaya, musim dingin.

K2 memang punya reputasi sebagai 'Gunung Mematikan' di kalangan pendakian internasional dan hanya sedikit ekspedisi yang berusaha mencapai puncak gunung tersebut di musim dingin.

Gunung yang berbatu dan terletak di antara Pakistan dan China itu juga terkenal sangat ganas dengan rasio 1 dari 4 orang pendaki akan mati selama pendakian.

K2 menjadi gunung tertinggi kedua di dunia setelah Gunung Everest dengan perbedaan 200 meter lebih pendek.

Mengutip Wikipedia, kebanyakan pendaki melakukan pendakian dari sisi Pakistan karena jika mendaki melalui jalur pendakian China lebih sulit dan lebih berbahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com