Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[VIDEO] Mengintip Fasilitas Pembuatan Vaksin Covid-19 di China

Kompas.com - 15/01/2021, 08:20 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Jutaan orang di China telah menerima dosis vaksin Covid-19 sejauh ini dengan jutaan dosis juga telah dikirim untuk membantu negara-negara lain dalam memerangi virus corona.

Melansir Xinhua, Rabu (13/1/2021), salah satu perusahaan yang memproduksi vaksin Sinovac Biotech di China, menunjukkan bagaimana proses produksi vaksin di dalam fasilitasnya di Beijing.

Baca juga: Paus Fransiskus dan Paus Benediktus XVI Terima Vaksin Covid-19

Kemanjuran vaksin CoronaVac yang tidak aktif yang dikembangkan sendiri oleh Sinovac telah diverifikasi melalui uji coba fase satu, dua dan tiga.

Perusahaan juga telah bekerja secara konsisten untuk mengembangkan vaksin sejak wabah Covid-19 melanda di China.

Diperlukan waktu sekitar 40 hari untuk memproduksi setiap dosis vaksin, mulai dari pembuatan larutan hingga pengemasannya, yang melibatkan sekitar enam tahap proses.

Baca juga: Pakar: Tunda Suntikan Dosis Kedua Vaksin Covid-19 Bisa Picu Mutasi Virus

Karena virus telah muncul kembali baru-baru ini di China dan seluruh dunia, perusahaan meningkatkan kapasitas produksinya untuk memenuhi permintaan yang ada.

Setiap dosis vaksin memiliki kode tersendiri, yang memungkinkan informasi seperti tanggal produksi, lokasi saat ini, dan tanggal penggunaan untuk mudah dalam pelacakan.

Baca juga: Perhatikan, seperti Ini Bentuk dan Kemasan Vaksin Sinovac yang Digunakan

Vaksin memiliki umur simpan tiga tahun bila disimpan antara dua hingga delapan derajat Celsius, atau 42 hari bila disimpan pada suhu 25 derajat.

CoronaVac sejauh ini telah diekspor ke sejumlah negara, termasuk Turki dan Brasil, sementara perusahaan farmasi Malaysia Pharmaniaga menandatangani kontrak dengan Sinovac awal pekan ini untuk menerima sebanyak 14 juta dosis.

Baca juga: Ada Kabar Jokowi Tak Disuntikkan Vaksin Sinovac, Kemenkes: Itu Hoaks

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com