Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tankernya Masih Ditahan Iran, Korea Selatan Minta Bantuan Qatar

Kompas.com - 14/01/2021, 20:44 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com – Korea Selatan telah meminta bantuan Qatar untuk membebaskan kapal tanker beserta awaknya yang ditahan oleh Iran.

Kabar itu diberitakan oleh media Korea Selatan Yonhap News Agency pada Kamis (14/1/2021) mengutip pernyataan Kementerian Luar Negeri Korea Selatan.

Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Korea Selatan Choi Jong-kun diwartakan membuat permintaan tersebut ketika bertemu dengan pejabat tinggi Qatar pada Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Bebaskan Kapal Tanker yang Disita Iran, Korea Selatan Segera Kirim Delegasi

Jong-kun bertemu Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim al-Thani sebagaimana dilansir dari Anadolu Agency.

Selain itu, Jong-kun juga bertemu dengan dan Menteri Luar Negeri Qatar Soltan bin Saad al-Muraikhi secara terpisah di Doha.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan, Jong-kun meminta dukungan semaksimal mungkin dari pihak Qatar untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Baca juga: Kapal Tanker Disita Iran, Korea Selatan Kirim Kapal Perusak Anti-Pembajakan

Sebelumnya, Jong-kun mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Iran, Abbas Araqchi, di Teheran pada Senin (11/1/2021). Namun kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan.

Teheran sendiri mendesak Seoul untuk menghindari politisasi masalah sambil mendesak pelepasan aset Iran senilai lebih dari 7 miliar dollar AS (Rp 97 triliun) yang dibekukan di Korea Selatan.

Kapal tanker berbendera Korea Selatan, MT Hankuk Chemi, beserta 20 awak kapalnya ditangkap oleh Garda Revolusi Iran di Teluk Persia pada 4 Januari.

Baca juga: Iran Tuduh Korea Selatan Tahan Rp 97 Triliun Uang Sandera Saat Sita Kapal Tanker

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com