Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Bertahap Pulihkan Listrik Setelah Pemadaman Nasional

Kompas.com - 10/01/2021, 14:43 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber AFP

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Pakistan secara bertahap memulihkan listrik pada Minggu (10/1/2021) setelah semalaman terjadi pemadaman di semua kota besar pada Sabtu (9/1/2021) akibat kerusakan sistem transmisi.

Melansir AFP pada Minggu (10/1/2021), sistem distribusi listrik nasional Pakistan yang berpenduduk 210 juta jiwa itu terjadi gangguan di satu bagian jaringannya, yang menyebabkan masalah di seluruh negeri.

Menteri kelistrikan Omar Ayub Khan mengatakan melalui Twitter bahwa pemadaman pada Sabtu (9/1/2021) terjadi karena adanya kerusakan listrik di Pakistan selatan pada pukul 11.41 malam waktu setempat.

Baca juga: Cegah Gajah Makan Plastik, Sri Lanka Akan Buat Parit dan Pagar Listrik

"Kerusakan itu mempengaruhi sistem transmisi negara...menyebabkan matinya pembangkit listrik," kata Khan.

Mati listrik yang terjadi membuat seluruh kota besar di Pakistan itu dilanda kegelapan, termasuk, ibu kota Islamabad, yang merupakan hub ekonomi Karachi dan kota terbesar kedua negara, yaitu Lahore.

Khan mengatakan "kerusakan membuat frekuensi dari 50 ke nol dalam sistem distribusi listrik. Namun, listrik secara bertahap dipulihkan di seluruh negeri."

Baca juga: Ingat Masa Lalunya Pernah Miskin, Pria Ini Lunasi Tagihan Listrik 114 Rumah di Sekitarnya

Sementara, tidak ada laporan gangguan listrik di rumah sakit yang sudah sering megantisipasi dengan menyediakan generator.

Juru bicara kementerin air dan listrik mengatakan listrik telah menyala di sebagian daerah, tapi masih banyak daerah di Lahore dan Karachi yang padam.

Tidak ada laporan gangguan langsung di rumah sakit, yang seringkali telah mengandalkan generator cadangan.

Baca juga: Seorang Pria Berkostum Sinterklas Terjebak di Kabel Listrik

Seorang juru bicara kementerian air dan listrik mengatakan listrik telah dipulihkan ke beberapa bagian negara itu, tetapi banyak daerah di Lahore dan Karachi masih menunggu.

Dia menambahkan bahwa penyelidikan telah diluncurkan untuk menyelidiki penyebab mati listrik besar-besar itu.

Netblocks, yang memantau pemadaman internet, mengatakan konektivitas internet di negara itu bermasalah juga akibat pemadaman listrik.

Baca juga: Ribut soal Generator Listrik, Tentara Israel Tembak Pria Palestina hingga Lumpuh

Konektivitas berada di "62 persen dari level biasa," katanya dalam sebuah tweet.

Pada 2015, Pakistan juga mengalami mati listrik sekitar 80 persen wilayahnya, akibat adanya masalah pada saluran listrik utama.

Pemadaman pada saat itu, dikabarkan salah satu yang terburuk dalam sejarah Pakistan. Listrik mati di kota-kota besar di seluruh negeri, termasuk Islamabad, dan bahkan mempengaruhi salah satu bandara internasional negara itu.

Baca juga: Inspirasi Energi: Kenapa Harga Mobil Listrik Mahal? Ini Alasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com