Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mike Pence Buat Marah Trump dengan Akui Tidak Miliki Kuasa untuk Tolak Hasil Pemilu AS 2020

Kompas.com - 07/01/2021, 08:55 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Wakil Presiden AS, Mike Pence yang mendapatan tekanan dari Donald Trump dan para sekutunya, angkat suara bahwa seorang wakil presiden tidak dapat mengklaim "otoritas sepihak" untuk menolak suara elektoral negara bagian.

Pence mengakui pada Rabu (6/1/2021) bahwa dia tidak memiliki kekuatan untuk membatalkan hasil pemilu AS 2020 yang menjadikan Joe Biden dari Partai Demokrat sebagai presiden berikutnya, seperti yang dilansir dari Associated Press (AP) pada Kamis (7/1/2021).

Pernyataannya menghancurkan harapan Trump yang tidak berdasar bahwa Pence entah bagaimana dapat menemukan cara untuk mempertahankan mereka di kantor kepresidenan.

"Merupakan penilaian saya bahwa sumpah saya untuk mendukung dan membela Konstitusi membatasi saya untuk mengklaim otoritas sepihak untuk menentukan suara elektoral mana yang harus dihitung dan mana yang tidak," tulis Pence dalam sebuah surat kepada anggota Kongres sebelum dia hadir di sana.

Baca juga: Pengacara Trump Sebut Mantan Kepala Keamanan Pemilu AS Harusnya Diseret dan Ditembak

Dalam momen luar biasa yang menggarisbawahi perpecahan dramatis antara Trump dan wakilnya yang pernah paling setia, Pence merilis pernyataan tepat setelah dia tiba di Capitol untuk menghitung suara elektoral.

Bahkan ketika presiden memberi tahu ribuan pendukung yang berkumpul di dekat Gedung Putih bahwa Pence bisa membalikkan hasil tersebut.

"Jika Mike Pence melakukan hal yang benar, kami memenangkan pemilihan," kata Trump kepada para pendukung, yang kemudian berbaris melalui Washington dan menyerbu Capitol.

Trump mengeluarkan tweet ketidaksetujuannya terhadap Pence setelah kembali ke Gedung Putih.

“Mike Pence tidak memiliki keberanian untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk melindungi Negara dan Konstitusi kita," tulis presiden AS ke-45 itu.

Baca juga: 10 Mantan Menteri Pertahanan Nyatakan Pemilu AS 2020 Sudah Jelas Berakhir

"Memberikan kesempatan kepada Negara-negara untuk mengesahkan serangkaian fakta yang dikoreksi, bukan yang curang atau tidak akurat yang sebelumnya diminta untuk disertifikasi," tulisnya.

"AS menuntut kebenaran!" terang Trump.

Setelah kekalahan demi kekalahan di pengadilan atas gugatan hasil pemilu AS 2020 dan tanpa pilihan lebih lanjut, Trump dan sekutunya telah menghabiskan berhari-hari dalam upaya sia-sia untuk meyakinkan Pence bahwa dia memiliki kekuatan untuk menolak hasil dari negara-negara medan pertempuran yang memilih Biden.

Konstitusi menjelaskan bahwa peran wakil presiden dalam sidang bersama, sebagian besar bersifat seremonial, seperti pembawa acara.

Sementara, sekutu Pence telah menjelaskan bahwa dia bermaksud untuk menentang Trump.

Pernyataan publik dari wakil presiden itu dianggap tetap merupakan hal yang sangat di luar dugaa, karena ia yang telah menghabiskan 4 tahun terakhir untuk membela presiden dan dengan hati-hati menghindari kemarahannya.

Baca juga: Pemilu AS: Kenapa Trump Ngotot Ingin Menang di Georgia? Ini yang Dia Incar...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com