Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Keamanan Pentagon Dipertanyakan Setelah Memilih Pendekatan Lunak pada Demonstran Pro-Trump

Kompas.com - 07/01/2021, 07:13 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pentagon bergegas untuk mengerahkan seluruh Garda Nasional pada Rabu (6/1/2021), setelah mengambil pendekatan yang lunak terhadap protes pro-Trump.

Para demonstran agresif menyerbu Capitol AS, melewati pertahanan tipis sementara anggota parlemen berlindung di tempatnya.

Sekitar 1.100 penjaga ditugaskan setelah kerumunan itu membanjiri Capitol dan membobol tempat itu.

Gubernur Maryland dan Virginia juga mengaktifkan pasukan negara bagian dan anggota Pengawal mereka untuk membantu menangani situasi tersebut.

“Kami telah mengaktifkan Garda Nasional DC sepenuhnya untuk membantu penegakan hukum federal dan lokal saat mereka bekerja untuk mengatasi situasi secara damai, "kata penjabat sekretaris pertahanan Christopher Miller dalam sebuah pernyataan.

“Kami siap memberikan dukungan tambahan yang diperlukan dan sesuai permintaan otoritas lokal. Kami disumpah untuk mempertahankan konstitusi dan bentuk pemerintahan demokratis kami dan mereka akan bertindak sesuai dengan itu."

Baca juga: Trump Masih Lancarkan Upaya Membalik Hasil Pilpres AS, Begini Tanggapan Biden

Berbicara pada konferensi pers bersama Wali kota DC Muriel Bowser, Sekretaris Angkatan Darat Ryan McCarthy mengatakan dia sepenuhnya memobilisasi Garda Nasional DC sekitar jam 3 sore, sekitar 1100 orang.

McCarthy mengatakan bahwa telah ada permintaan dukungan tambahan pada Rabu (6/1/2021) dari Kepolisian Capitol, tetapi kebingungan itu menyebabkan penundaan pengiriman. Tetapi dia mengatakan sudah menanggapi dengan memobilisasi D.C. Garda Nasional.

Juru bicara Pentagon Jonathan Rath Hoffman mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Departemen Kehakiman akan memimpin tanggapan penegakan hukum.

Saat itu, belum jelas apakah Garda Nasional akan dipersenjatai, karena sekarang mereka semua diaktifkan. Sebelumnya, mereka ditugaskan dengan syarat tidak membawa senjata api, karena pejabat pertahanan berusaha membatasi seberapa banyak militer terseret ke dalam medan politik.

Menjelang sore, Pengawal Nasional telah diperintahkan untuk membangun kembali batas di sekitar gedung.

Tugas membersihkan Capitol sekarang jatuh terutama pada agen penegak hukum federal, dengan pejabat jaksa agung Jeff Rosen mengawasi tanggapannya.

Seorang juru bicara FBI mengatakan agen telah "dikerahkan untuk membantu Kepolisian Capitol AS seperti yang diminta dalam perlindungan properti federal dan keamanan publik.”

FBI juga menyelidiki sejumlah paket mencurigakan yang dilaporkan di sekitar kota.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Pria Bertato Indonesia Ikut Rusuh Demo AS | Trump Berencana Anggap Antifa sebagai Teroris

Aktivasi penuh Garda Nasional DC menggambarkan sikap Pentagon. Pejabat pertahanan atas telah mempersempit peran Pasukan DC, dalam persiapan untuk acara Rabu (6/1/2021).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com