Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertandingan Kriket Australia-India Berpotensi Jadi Hotspot Covid-19, Ribuan Penonton Diminta Jalani Tes dan Isolasi Mandiri

Kompas.com - 06/01/2021, 18:56 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

MELBOURNE, KOMPAS.com - Ribuan penggemar kriket yang menghadiri perhelatan Boxing Day Test Australia melawan India, diminta untuk menjalani tes dan mengisolasi pada Rabu (6/1/2021).

Diketahui, seorang penonton yang menghadiri acara tersebut telah dinyatakan positif Covid-19.

Melansir AFP, otoritas kesehatan mengatakan pria berusia tiga puluhan itu tidak menular saat berada di Melbourne Cricket Ground (MCG) pada hari kedua permainan. Tetapi ada potensi dia tertular virus saat berada di sana, atau di pusat perbelanjaan terdekat.

"MCG sedang diselidiki sebagai sumber potensial infeksi," kata Departemen Kesehatan Victoria.

Kini petugas harus berlomba melacak dan menguji sekitar 7.000-8.000 penggemar. Mereka harus mencari apakah salah satu acara olahraga yang paling banyak dihadiri sejak pandemi dimulai, menjadi tempat paling signifikan menyebarkan virus.

Baca juga: Sampel Makanan Beku Terpapar Virus Corona, Puluhan Orang di China Dikarantina

"Kami mendorong siapa saja yang berada di The Great Southern Stand, zona 5 MCG antara pukul 12.30 dan 15.30 pada 27 Desember, untuk menjalani tes dan mengisolasi diri sampai mereka menerima hasil negatif," kata otoritas kesehatan.

Boxing Day Test adalah pusat dari kalender olahraga Australia dan hanya di bawah 30.000 orang yang hadir tahun ini, jauh dari kapasitas.

Beberapa toko ritel di Pusat Perbelanjaan Chadstone juga disebut sebagai tempat yang mungkin menjadi sumber infeksi.

Meskipun sebagian besar telah bebas dari Covid-19, Australia saat ini berjuang untuk mengendalikan sekelompok kasus. Pengujian agresif dan pelacakan kontak diharapkan dapat membantu menghindari penguncian wilayah skala penuh.

Berita tersebut datang pada malam pertandingan ketiga antara Australia dan India, yang telah menimbulkan kontroversi karena dimainkan di Sydney, pusat penyebaran baru-baru ini.

Baca juga: Diisolasi karena Terpapar Covid-19, Mahasiswa Ini Gelar Pesta di Rumahnya

Penonton dibatasi hingga 25 persen dari kapasitas tempat duduk agar tidak menjadi ajang penyebaran massal.

“Pemberitahuan dari Melbourne jelas memengaruhi pemikiran kami tentang bagaimana Pertandingan di Sydney akan dilanjutkan,” kata pihak berwenang di New South Wales, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Mereka yang hadir sekarang harus mengenakan masker saat duduk, sebagai tambahan dari persyaratan untuk masker saat pergi ke dan dari tempat tersebut.

Tur India “Down Under,” telah dilanda masalah terkait Covid-19. Lima pemain India dikritik karena tampaknya melanggar gelembung “biosekuriti tim” dengan pergi ke restoran.

Dan masih ada pertanyaan mengenai apakah kedua tim harus dikarantina sebelum pertandingan terakhir di Brisbane minggu depan.

Baca juga: 14 Orang di Keluarga Ini Terpapar Covid-19 Selepas Reuni, 1 Meninggal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com