Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Masih Nyatakan Akan "Berjuang Sekuat Tenaga" Pertahankan Kursi Kepresidenan

Kompas.com - 05/01/2021, 14:48 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

DALTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan akan "berjuang mati-matian" untuk mempertahankan kursi kepresidenan pada Senin (4/1/2021).

Dia juga meminta anggota parlemen Republik untuk membalikkan kekalahannya dalam pemilihan umum atas Joe Biden, ketika mereka bersidang minggu ini untuk mengonfirmasi suara Electoral College.

“Para pemilih elektoral yang dimenangkan oleh Presiden terpilih Biden “tidak akan mengambil Gedung Putih ini!” dia berteriak ketika para pendukung bersorak pada rapat umum luar ruangan di Georgia melansir AP pada Selasa (5/1/2021).

Trump mengumumkan tujuan perjalanan itu adalah untuk meningkatkan kandidat Senat Republik dalam pemilihan putaran hari ini.

Tetapi dia menghabiskan sebagian besar pidatonya dengan mengeluh tentang kekalahannya dalam pemilihan, dengan bersikeras mengklaim dia “menang banyak.”

Baca juga: Pilpres AS: Paksa Tambah Suara di Georgia, Trump Dapat Serangan Balik

Sebelumnya, di Washington, Trump menekan anggota parlemen Republik untuk secara resmi menolak mengonfirmasi kemenangan Biden di Electoral College dalam sesi gabungan Kongres yang akan berlangsung pada Rabu (6/1/2021).

Sebab dengan itu pengakuan diberikan atas kemenangan nasional Biden pada 3 November.

Meskipun dia tidak mendapat apa-apa selain sorakan pada Senin malam, upaya Trump untuk membatalkan pemilihan presiden memecah Partai Republik.

Beberapa anggota parlemen Partai Republik mendukungnya terus maju, meskipun ada banyak kecaman dari pejabat saat ini dan mantan pejabat partai yang memperingatkan bahwa upaya itu merusak kepercayaan orang AS pada demokrasi.

Kesepuluh mantan menteri pertahanan yang masih hidup menulis bulat menyatakan "waktu untuk mempertanyakan hasil telah berlalu."

Baca juga: Bocor ke Publik, Ini Kata Trump di Telepon Saat Minta Suara Pilpres AS di Georgia

Tidak jelas sejauh mana para pemimpin Partai Republik di Kongres akan dapat mengontrol sesi bersama Rabu. Sesi ini diperkirakan bisa berlarut-larut, meskipun tantangan terhadap hasil pemilu sudah pasti akan gagal.

Trump sendiri menyiapkan kerumunan massa untuk rapat umum Rabu besok di dekat Gedung Putih.

Wakil Presiden AS Mike Pence, berada di bawah tekanan untuk membalikkan hasil untuk Trump. Dia akan diawasi dengan ketat saat memimpin peran seremonial pada sesi bersama besok.

"Saya berjanji ini: Pada Rabu, kita akan mendapatkan hari kita di Kongres," kata Pence. saat dirinya sendiri berkampanye di Georgia menjelang pemilihan putaran kedua hari ini yang akan menentukan kendali Senat.

Trump berkata di Georgia: “Saya berharap wakil presiden kita yang hebat datang untuk kita. Dia pria yang baik. Tentu saja, jika dia tidak berhasil, aku tidak akan terlalu menyukainya.”

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com