Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Tur Perjalanan Ke AS Janjikan Vaksin Covid-19 “Kualitas Terbaik,” Ratusan Orang India Tergoda Mendaftar

Kompas.com - 04/01/2021, 18:25 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

NEW DELHI, KOMPAS.com - Perusahaan wisata perjalanan India menawarkan paket tur ke Amerika Serikat (AS), yang menjanjikan pelancong bisa mendapatkan vaksin Pfizer dalam turnya.

Gem Tours & Travels yang berbasis di Mumbai adalah satu dari beberapa perusahan travel yang menawarkan paket tur tersebut. Paker VIP empat hari ditawarkan seharga sekitar 2.300 dollar AS (Rp 31 juta).

Melansir Newsweek pada Minggu (3/1/2021), paket tur ke Amerika Serikat (AS) itu menjanjikan pelancong bisa mendapatkan vaksin Pfizer, tiket pesawat pulang pergi, dan juga sarapan.

Sejak mengumumkan rencananya pada 23 November, agensi mengatakan, telah mencatat lebih dari 4.000 panggilan dan mendaftarkan lebih dari 1.000 orang.

Namun tanggal untuk paket wisata tidak disebutkan.

Ketika Jignesh Kumar Patel menemukan selebaran tentang paket wisata vaksin Covid-19 ke Amerika Serikat awal bulan ini. Dia langsung menandatanganinya dan bergabung dengan ratusan sesama pelancong dari India.

Patel, seorang pengusaha di negara bagian barat Gujarat, telah melakukan perjalanan ke 14 negara. Tetapi AS telah lama berada dalam daftar keinginannya.

Baca juga: 73.000 Warga Beijing Sudah Disuntik Vaksin Covid-19, Ribuan Lainnya Masih Antre

"Jika saya dapat menggabungkan perjalanan AS dengan kesempatan untuk mendapatkan vaksin kualitas terbaik, ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi saya dan keluarga saya," kata Patel, yang mendaftar untuk paket wisata vaksin dengan agen Zenith Holidays.

Agen tur, yang berkantor pusat di Kolkata, telah menerima lebih dari 1.200 panggilan telepon dalam dua minggu terakhir tentang paket perjalanan tersebut.

Individu India telah mendaftar, dan ada pula kelompok yang terdiri dari 40 orang. Semuanya tertarik untuk jalan-jalan dan diinokulasi dengan virus corona baru, sebelum mereka bisa mendapatkannya di negara asal mereka.

"Paket wisata vaksin Covid" agen ini menawarkan empat hari perjalanan seharga sekitar 2.000 dollar AS (Rp 27,7 juta).

Sebuah brosur menyatakan bahwa pemesanan dibatasi untuk 100 orang. Paket tersebut juga termasuk tiket pesawat ekonomi pulang pergi, akomodasi hotel bintang empat, transfer bandara, dan satu dosis vaksin Covid-19 per orang.

Lebih dari 272.000 orang telah menerima vaksin Pfizer di Amerika Serikat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Dosis pertama diberikan kepada petugas kesehatan dan penanggap pertama.

Vaksin khusus itu pada akhirnya akan didistribusikan di seluruh AS dan ke 165 negara. Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat juga memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin serupa dari perusahaan saingannya, Moderna.

Baca juga: Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri, India Banjir Kritik

Menteri kesehatan India telah mengumumkan bahwa negara itu tidak akan mendapatkan vaksin Covid-19 pertamanya hingga Januari.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com