Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Pertama yang Disuntik Vaksin AstraZeneca Diliputi Kegembiraan

Kompas.com - 04/01/2021, 17:09 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

LONDON, KOMPAS.com – Seorang pensiunan manajer berusia 82 tahun telah menjadi orang pertama di dunia yang menerima vaksin virus corona dari Universitas Oxford dan AstraZeneca di luar uji klinis.

Pria lanjut usia (lansia) bernama Brian Pinker itu menerima suntikan vaksin virus corona pada Senin (4/1/2021) pukul 7.30 waktu setempat di Inggris.

Pinker mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dari AstraZeneca-Oxford itu di Rumah Sakit Churchill yang dioperasikan Universitas Oxford di Oxford, Inggris.

Pinker, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris bahwa suntikan vaksin virus corona itu akan memberinya ketenangan pikiran.

Baca juga: Thailand Pesan 2 Juta Vaksin Sinovac, Mulai Datang Bulan Depan

Lansia yang mengaku lahi dan besar di Oxford itu juga menantikan untuk merayakan ulang tahun pernikahannya ke-48 pada Februari.

“Saya sangat senang mendapatkan vaksin Covid-19 hari ini dan sangat bangga karena vaksin itu ditemukan di Oxford,” kata Pinker.

“Para perawat, dokter, dan staf, semuanya brilian hari ini dan saya sekarang benar-benar dapat menantikan ulang tahun pernikahan saya ke-48 dengan istri saya, Shirley,” imbuhnya.

Pinker disuntik vaksin Covid-19 dari AstraZeneca -Oxford oleh seorang perawat bernama Sam Foster sebagaimana dilansir dari The Guardian.

Baca juga: Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri, India Banjir Kritik

Sebagai orang pertama yang menyuntikkan vaksin virus corona dari AstraZeneca -Oxford di luar uji klinis, Foster mengaku bangga.

“Kami berharap dapat memvaksinasi lebih banyak pasien dan staf kesehatan dan perawatan dengan vaksin Oxford dalam beberapa pekan mendatang,” ujar Foster.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com