Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hibur Anak-Anak dalam Perawatan, Nintendo Hadirkan Konsol Game Terbaru di Rumah Sakit

Kompas.com - 04/01/2021, 13:28 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Perusahaan gim ternama di dunia, Nintendo segera menghadirkan perangkat permainan terbaru di berbagai rumah sakit anak di Amerika Serikat (AS).

Program ini merupakan realisasi dari kerja sama kemitraan dengan Starlight Children's Foundation. Organisasi nirlaba itu yang bertujuan untuk membawa kebahagiaan bagi anak-anak yang sakit parah dan keluarga mereka.

Terjebak di rumah sakit untuk waktu yang lama dikhawatirkan jadi pengalaman tidak menyenangkan, terlebih bagi anak-anak. Jadi, organisasi itu mencari cara lebih baik agar anak-anak yang sakit dapat menghabiskan waktu dengan gembira, meski sedang menjalani perawatan.

Itulah ide di balik konsol game Nintendo Switch baru yang diluncurkan ke rumah sakit dan sistem perawatan kesehatan di seluruh AS.

Baca juga: Hanya karena Diminta Berhenti Main Video Game, Pria Ini Menikam Orangtuanya

Perangkat permainan ini adalah inisiatif terbaru yang muncul dari kemitraan selama bertahun-tahun antara Nintendo America dan Starlight Children's Foundation.

"Starlight Gaming telah menjadi bantuan besar dalam membantu pasien mengatasi rawat inap," kata Lexi Little dari Sistem Kesehatan Christus Shreveport-Bossier di Shreveport, Louisiana, melansir CNN pada Minggu (3/1/2021).

"Kami menyampaikan terimakasih banyak kepada Starlight karena telah memengaruhi kehidupan pasien, keluarga, dan anggota staf kami setiap hari."

Starlight mengumumkan awal bulan ini bahwa perangkat permainan terbaru ini akan segera tersedia untuk lebih banyak anak. Pengiriman dilakukan pertama dari program ini diluncurkan pada Desember 2019 di Rumah Sakit Anak Mary Bridge di Tacoma, Washington.

"Perangkat permainan itu adalah alat pengalih perhatian yang penting yang menormalkan lingkungan perawatan kesehatan.

Perangkat ini juga dan membantu anak-anak melalui pengalaman yang sulit," kata Julie Hertzog, pengawas kehidupan anak di Jembatan Mary, dalam sebuah pernyataan saat itu.

Baca juga: Pandemi Corona, Olahraga Game Online Masih Jadi Pilihan

"Mereka memberikan pilihan untuk anak-anak, memotivasi mereka, dan memberi mereka kesempatan untuk bersenang-senang di saat paling dibutuhkan."

Anak-anak yang dirawat di rumah sakit akan memiliki lebih dari 25 perangkat permainan untuk mengalihkan perhatian mereka. Diantaranya termasuk "Pesta Super Mario" dan "The Legend of Zelda: Breath of the Wild."

Perangkat permainan tersebut mudah dibersihkan dan diangkut dari kamar ke kamar. Jadi, memberi keuntungan tambahan pada saat virus menular terus menyebar dan banyak ruang-rumah sakit ditutup karena pandemi.

Sejak kemitraan dimulai hampir tiga dekade lalu, Starlight dan Nintendo telah mengirimkan lebih dari 7.200 konsol game ke lebih dari 800 rumah sakit dan fasilitas perawatan kesehatan, menurut berita rilis.

Baca juga: Lewat Game Online, Anak 9 Tahun Diculik Pria Dewasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com