Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Wabah Covid-19, Begini Negara-negara Merayakan Tahun Baru

Kompas.com - 01/01/2021, 11:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

PYONGYANG, KOMPAS.com - Negara-negara di dunia merayakan Tahun Baru 2021 dengan berbagai kebijakan menyikapi pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung.

Dari Paris hingga New York, sejumlah kota besar di penjuru Bumi terpaksa merayakan pergantian tahun dengan di rumah saja demi mencegah virus corona.

Meski begitu, ada negara yang masih berselebrasi secara mewah saat wabah. Penasaran siapa saja? Berikut daftarnya dilansir Sky News Kamis (31/12/2020)).

Baca juga: Kim Jong Un Tulis Surat ke Rakyatnya di Tahun Baru, Apa Isinya?

1. Korea Utara

Penduduk di negara yang menganut ideologi "Juche" itu bakal berkumpul di alun-alun utama ibu kota Pyongyang saat Tahun Baru.

Konser dan pertunjukan kembang api digelar, dengan media pemerintah mengabarkan hadirin mengenakan masker namun berdekatan sembari membawa balon.

Sementara para penampil, tanpa memakai penutup muka, bernyanyi dan menari di atas panggung yang didekorasi dengan tanda "2021" secara meriah dan warna-warni.

Lagu-lagu patriotik pun dikumandangkan, seperti "kemuliaan bagi Jenderal Kim Jong Un" atau "aku mencintai negaraku yang hebat".

Mereka yang datang mengenakan pakaian tradisional Korea hanbok, kemudian para penari memakai baju berpayet, dan adanya karakter manusia salju raksasa.

Korea Utara sampai detik ini masih mengeklaim tidak mendapatkan kasus Covid-19, meski pemerintahnya mengaku sudah memeriksa ribuan.

Baca juga: Tahun Baru, Apakah Perlu Membuat Resolusi?

Pemerintahan Kim Jong Un menerapkan lockdown ketat, dan menutup perbatasan dengan sekutunya, China, setelah kasus virus corona terkonfirmasi.

2. Taiwan

Pulau dengan pemerintahan mandiri ini menghelat perayaan Tahun Baru dengan menampilkan pesta kembang api di bangunan ikonik mereka, Taipei 101.

Kemudian pada pagi ini, diadakan upacara pengibaran bendera di depan kantor kepresidenan, dengan jumlah tamu maupun pejabat yang diundang dibatasi.

Taiwan menjadi salah satu negara yang dianggap sukses menangani wabah virus corona, di mana mereka melaporkan 700 kasus dan tujuh korban meninggal.

Kembang api muncul dari Gedung Taipei 101 selama perayaan Tahun Baru di Taipei, Taiwan, pada Jumat, 1 Januari 2021.AP PHOTO/Chiang Ying-ying Kembang api muncul dari Gedung Taipei 101 selama perayaan Tahun Baru di Taipei, Taiwan, pada Jumat, 1 Januari 2021.

3. Thailand

"Negeri Gajah Putih" memeringati pergantian tahun dengan pertunjukan kembang api yang dihelat di pusat perbelanjaan Iconsiam, Bangkok.

Pada Rabu 930/12/2020), pemerintah lokal melarang pertemuan dalam jumlah besar di seluruh negeri untuk menekan angka infeksi.

Bahkan karantina wilayah (lockdown) sudah diberlakukan di sejumlah provinsi.

Baca juga: Jakarta Lewati Tahun Baru Tanpa Kerumunan, Wagub DKI: Terima Kasih Semuanya

4. Hong Kong

Pejabat di kota penting dunia itu memutuskan membatalkan pertunjukan kembang api di Victoria Harbour, maupun Tahun Baru Imlek pada Februari.

Halaman:
Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com