Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Sosial Korea Bagikan Klaim Palsu Terkait Obat Covid-19, Ini yang Benar...

Kompas.com - 31/12/2020, 18:16 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Beberapa unggahan di Facebook mengeklaim bahwa minum teh yang dibuat dari batang lada efektif mencegah dan menyembuhkan Covid-19, namun rupanya klaim itu terbukti salah.

Berdasarkan cek fakta versi AFP, Asosiasi Pengobatan Korea mengatakan tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim tersebut.

Sampai akhir tahun 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan belum ada obat yang terbukti secara medis menyembuhkan Covid-19. Untuk itu banyak negara kini mengampanyekan vaksin.

Baca juga: Obat Covid-19 di India Beredar di Pasar Gelap, Harga Naik Sampai Rp 7 Juta

Klaim sesat itu dibagikan di Facebook pada 26 Desember lalu. Beberapa bagian dari teks berbahasa Korea dalam unggahan itu diterjemahkan sebagai berikut:

"Obat yang efektif menyembuhkan virus corona. Pemulihan penuh dijamin dalam 2 atau 3 hari. Anda dapat dengan mudah mencegah Covid-19 dan 100 persen menyembuhkan virus corona dengan metode ini."

Kim Gye-jin, direktur Asosiasi Pengobatan Korea, kelompok perwakilan untuk Dokter Pengobatan Korea di negara itu, mengatakan kepada AFP bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Baca juga: Jamu Obat Covid-19 Madagaskar Banjir Pesanan meski Belum Terbukti Manjur

“Tidak ada catatan signifikan yang menunjukkan bahwa batang lada digunakan untuk mencegah atau menyembuhkan flu biasa, dan yang pasti, tidak ada alasan medis yang menunjukkan bahwa batang lada efektif dalam mencegah atau menyembuhkan Covid-19,” katanya selama wawancara telepon pada 28 Desember 2020.

Cek fakta AFP membantah klaim menyesatkan serupa bahwa minum teh dapat menyembuhkan atau meredakan gejala Covid-19 setelah beredar secara online di Sri Lanka.

Baca juga: Lab China Racik Obat Covid-19, Klaim Lebih Cepat dan Efisien dari Vaksin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com