Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Kematian di Rusia Meningkat hingga 20,5 Persen Sejak Pandemi

Kompas.com - 29/12/2020, 23:55 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia telah mencatat 20,5 persen lebih banyak kematian sejak pandemi Covid-19 dimulai di negara itu pada bulan April. Data ini berasal dari layanan statistik negara bagian Rosstat, yang dihitung oleh Reuters, pada Senin (28/12/2020).

Total terdapat 241.193 lebih banyak kematian pada April-November 2020, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Jumlahnya signifikan lebih banyak dari pada penghitungan awal kematian akibat pandemi, yang sejauh ini tercatat sebanyak 55.265, menurut laporan harian kumulatif pusat krisis virus corona Rusia. Angka itu termasuk kematian yang tercatat pada bulan Desember.

Jumlah kematian memang berfluktuasi dari tahun ke tahun. Tapi penghitungan peningkatan jumlah kematian, disebut dapat menggambarkan dampak pandemi.

Sebab, penghitungan turut menyertakan kasus-kasus yang tidak terkonfirmasi sebagai kasus Covid-19. Ada pun kematian dari penyebab lain, dapat dikaitkan dengan fakta bahwa sistem medis nasional terlalu kelebihan beban.

Baca juga: Syarat Vaksin Covid-19 dari Pejabat Kesehatan Rusia Ini Tuai Kecaman Netizen

Data Rosstat, yang dihitung oleh Reuters, menunjukkan kurang dari setengah jumlah total tambahan kematian tersebut, sekitar 116.030, terjadi sejak dimulainya pandemi di Rusia pada April. Tambahan kematian itu dapat dikaitkan langsung dengan virus corona.

Jumlah itu masih lebih dari dua kali lipat angka kematian awal yang dilaporkan setiap hari, secara kumulatif oleh pusat krisis virus corona pemerintah Rusia. Kementerian Kesehatan dan Pengawas Keamanan Konsumen Rospotrebnadzor juga mengawasi data ini.

Sejauh ini data yang tercatat menunjukkan 55.265 kematian karena Covid-19, termasuk kematian yang dilaporkan pada bulan Desember.

Rosstat membagikan data baru pada Senin tentang jumlah total kematian yang dilaporkan di Rusia pada November.

Baca juga: Menkes Rusia Sebut Vaksin Sputnik V Aman untuk Lansia 60 Tahun ke Atas

Data menunjukkan jumlah kematian 55,6 persen lebih tinggi dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, dengan total kematian 219.872 lebih.

Dari jumlah tersebut, layanan statistik mengatakan, 35.645 kematian terkait langsung dengan pandemi Covid-19.

Awal bulan ini, layanan tersebut melaporkan jumlah kematian di bulan Oktober, yang mengindikasikan kematian naik 30,3 persen di bulan yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: Program Vaksin Covid-19 di Rusia Sudah Dimulai, Meski Pengujian Massal Belum Selesai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com