Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangladesh Pindahkan Pengungsi Rohingya ke Pulau Terpencil secara Besar-besaran

Kompas.com - 29/12/2020, 18:05 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber AFP

DHAKA, KOMPAS.com – Empat kapal milik Angkatan Laut Bangladesh pada Selasa (29/12/2020) mengangkut rombongan pengungsi Rohingya ke sebuah pulau terpencil yang berjarak tiga jam dari daratan.

Pengangkutan tersebut merupakan gelombang kedua pemindahan para pengungsi Rohingya dari daratan Bangladesh ke pulau terpencil bernama Bhashan Char.

Dilansir dari AFP, pemindahan itu disebut sebagai pemindahan pengungsi Rohingya terbesar karena mengangkur sekitar 1.800 orang.

Pada gelombang pertama, Bangladesh mengirim 1.600 pengungsi Rohingya ke Pulau Bhashan Char dengan kapal milik Angkatan Laut Bangladesh juga.

Pemerintah Bangladesh berkeras bahwa para pengungsi Rohingya tersebut secara sukarela ingin pindah ke pulau tersebut.

Baca juga: Uni Eropa Tambah Dana Kemanusiaan Krisis Rohingya Rp 34,28 Miliar

Namun, para aktivis hak asasi manusia (HAM) menolak klaim dari Pemerintah Bangladesh tersebut dan menyebut para pengungsi Rohingya dipindah secara paksa.

Terbaru, mereka mengungkapkan bahwa beberapa orang Rohingya yang memiliki rumah gubuk di kamp-kamp di perbatasan Myanmar telah digembok sehingga mereka tidak punya pilihan lain.

Jurnalis AFP memantau, para pengungsi Rohingya tersebut membawa tas berisi barang-barang, mainan, dan ayam saat mereka duduk di geladak kapal selama tiga jam perjalanan dari Chittagong ke Bhashan Char.

Blok perumahan di Pulau Bhashan Char juga telah disiapkan untuk para pendatang baru. Menteri Luar Negeri Bangladesh AK Abdul Momen menyebut pulau itu sebagai resor yang indah.

Baca juga: Video Eksklusif Ungkap Etnis Rohingya Dipukuli di Perahu oleh Penyelundup

Jumlah pengungsi Rohingya di Bangladeh semakin bertambah sejak 2017 Myanmar dituduh melalukan pembersihan mematikan kepada etnik rohingya yang menurut PBB mungkin merupakan genosida.

Kini, Bangladesh berjuang untuk menemukan solusi jangka panjang untuk para pengungsi Rohingya.

Pejabat pemerintah Bangladesh yang mengurusi pengungsi mengatakan, ada fasilitas yang lebih baik dan keamanan yang lebih baik untuk etnik Rohingya di Bhashan Char.

"Mereka sangat ingin pergi ke Bhashan Char karena mereka telah mendengar dari kerabat mereka, mereka yang telah pergi ke Bhashan Char, bahwa itu adalah tempat yang sangat bagus," kata Momen kepada AFP.

Baca juga: Bangladesh Mulai Pindahkan Pengungsi Rohingya ke Pulau Terpencil

Ketenangan pikiran

Sejumlah etnik Rohingya yang dikirim ke Bhashan Char mengatakan bahwa mereka pergi ke pulau tersebut secara sukarela.

"Kamp di Bangladesh adalah tempat yang sulit dan penuh sesak untuk tinggal dan bergerak," kata Shafi Alam kepada AFP di kapal milik Angkatan Laut Bangladesh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com