Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran: Varian Baru Virus Corona Belum Terbukti Masuk di Dalam Negeri

Kompas.com - 26/12/2020, 23:48 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Editor

TEHERAN, KOMPAS.com - Ahli medis terkemuka Iran menyatakan bahwa varian baru virus corona belum masuk di negaranya, pada Jumat (25/12/2020).

Minoo Mohraz dari Kantor Pusat Nasional untuk Manajemen dan Penanganan Virus Corona (National Headquarters for Managing and Fighting the Coronavirus) mengatakan tidak ada bukti bahwa varian baru virus corona telah menyebar ke wilayah Iran.

Baca juga: Spanyol Umumkan Kasus Varian Baru Virus Corona yang Merebak di Inggris

"Sejauh ini, tidak ditemukan bukti ilmiah maupun klinis yang menunjukkan masuknya varian baru virus corona di Iran," kata Mohraz dalam wawancara dengan kantor berita resmi negara tersebut, IRNA.

Di sisi lain Mohraz mengakui bahwa para peneliti Iran saat ini belum bisa sepenuhnya mengamati urutan genetik SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, seperti yang dilansir dari Xinhua News pada Sabtu (26/12/2020).

Baca juga: Kasus Pertama Varian Baru Virus Corona telah Muncul di Perancis

Dia menambahkan bahwa otoritas Iran belum lama ini meluncurkan sejumlah fasilitas untuk membantu menyediakan pengurutan virus corona yang akurat.

Sebelumnya, pada Rabu (23/12/2020), Mohraz menyebut adanya "kemungkinan" varian baru virus corona telah menyebar di Iran.

Baca juga: Lawan Varian Baru Virus Corona, Vaksin yang Ada Sekarang Diklaim Tetap Efektif

Hal itu disampaikan dengan mengingat lonjakan kasus penularan dan kematian di negara itu pada Oktober dan November, papar kantor berita semi resmi negara tersebut, ISNA.

Sementara itu, pemerintah menerapkan aturan baru untuk menghindari penyebaran varian baru virus corona yang telah menyebar di Inggris.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Masuk Jerman dari Penumpang Asal London

Kementerian Pembangunan Jalan dan Perkotaan Iran pada Minggu (20/12/2020) memutuskan untuk menangguhkan penerbangan antara Iran dan beberapa negara terkait selama 2 pekan.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Singapura | Virus Lebih Mematikan dari Covid-19 Berpotensi Akan Muncul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com