Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Jadi Tokoh Paling Dicari Nomor 2 di Google Setelah Sosok Ini

Kompas.com - 26/12/2020, 14:41 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un disebut menjadi sosok nomor dua yang paling banyak dicari di Google sepanjang 2020 ini.

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Google Trends Jumat (25/12/2020), Kim berada di bawah presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden.

Baca juga: Pakar Semenanjung Korea Yakin Kim Jong Un Meninggal

Pencarian akan Kim menjadi meningkat terutama pada 26 April hingga 2 Mei, setelah CNN memberitakan kondisinya kritis setelah menjalani operasi.

Dilaporkan Voice of America berbahasa Korea, selain Kim, terdapat juga keyword seperti "mati", "koma", maupun "mati batang otak".

Selain Kim Jong Un, adiknya, Kim Yo Jong, juga menjadi nama yang paling banyak dicari di Google, seperti diberitakan Korea Times.

Pencarian nama Kim Yo Jong naik setelah si adik menjadi sosok yang digadang-gadang bakal memggantikan kakaknya memimpin Korea Utara.

Pencarian nama Kim baru mengendur pada 2 Mei, setelah muncul foto si pemimpin tertinggi meresmikan pabrik pupuk sehari sebelumnya.

Berdasarkan laporan VOA, pencarian paling tinggi akan Kim terjadi di Singapura, lokasi pertemuan pertama Kim dan Presiden AS Donald Trump pada 2018.

Kemudian Uganda dan AS. Tak dijelaskan mengapa negara Afrika seperti Uganda menunjukkan ketertarikan akan diktator Korut sejak 2011 itu.

Selain Kim Jong Un dan Biden, nomor tiga sosok yang paling dicari di Google adalah wakil presiden terpilih AS Kamala Harris.

Kemudian aktor kawakan Tom Hanks. Bagaimana dengan Trump? Presiden yang bakal lengser pada 20 Januari itu tak menembus 10 besar.

Baca juga: Jika Kim Jong Un Meninggal, Korea Utara Bakal Hadapi Masalah Serius

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com