Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Top Rusia Ini Tewas Ditikam dan Jatuh dari Lantai 14

Kompas.com - 21/12/2020, 12:54 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber The Sun

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang ilmuwan top di Rusia yang bekerja untuk vaksin Covid-19 ditemukan tewas ditikam dan jatuh dari lantai 14 di apartemen mewahnya.

Alexander "Sasha" Kagansky dilaporkan jatuh hanya dengan mengenakan celana dalam di apartemennya di Saint Petersburg, dalam kasus yang mengundang kecurigaan.

Harian lokal Moskovsky Komsomolets memberitakan, komite investigasi menggelar penyelidikan dengan dugaan pembunuhan, di mana satu orang pria ditahan.

Baca juga: Iran Klaim Senapan Mesin yang Dipakai Membunuh Ilmuwan Nuklirnya Sangat Akurat, Ini Buktinya

Dr Kagansky merupakan Direktur Pusat Genomik dan Pengobatan Regeneratif di UNiversitas Timur Jauh Vladivostok, dan bekerja sama dengan kampus di Skotlandia.

Pakar biologi berusia 45 tahun itu sempat menghabiskan 13 tahun bekerja di Universitas Edinburgh hingga selesai tiga tahun lalu.

Media Rusia memberitakan, Kagansky tergabung dalam ilmuwan yang mengembangkan vaksin virus corona, dengan kematiannya dianggap mencurigakan.

Meski begitu, Moskovsky Komsomolets tidak memberikan detil berapa banyak vaksin internasional yang sudah diproduksi oleh Sasha.

Dilansir The Sun Minggu 920/12/2020), polisi meyakini sempat terjadi perkelahian sebelum si ilmuwan jatuh dari lantai 14 hanya memakai celana dalam.

Kagansky baru-baru ini disebut menerima hibah dari Kremlin dalam penelitian cara baru mendiagnosis dan mengobati tumor otak ganas.

Selain itu, dia juga menjaid pendukung penelitian mengenai pengggunaan tanaman herbal dan jamur untuk mengobati kanker.

Pada 1991, ketika Uni Soviet jatuh dia menjadi delegasi pertama "Negeri Beruang Merah" yang masuk ke dalam Parlemen Muda Eropa.

Si ilmuwan disebut juga bagian dari anggota asosiasi Akademisi Muda Skotlandia.

Baca juga: Perwira Iran: Ilmuwan Nuklir Dibunuh Senapan Mesin yang Dikendalikan Satelit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com