Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Salju Hantam Kota-kota di AS, Termasuk New York

Kompas.com - 18/12/2020, 09:53 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis


NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Badai salju dahsyat pertama musim ini melanda kota-kota di Amerika Serikat (AS), membuat para pejabat mendesak 50 juta penduduk di timur laut AS untuk tetap di rumah.

Melansir Aljazeera, badai musim dingin tahun ini datang dalam skala besar dan bersejarah di bagian timur laut AS pada Kamis (18/12/2020) melumpuhkan jalur perjalanan.

Gubernur Massachussets Charlie Baker di Twitter mengimbau, "Mengingat [salju] lebat dan kondisi perjalanan yang sulit, para pengemudi diharapkan menjauhi jalan selama badai berlangsung."

Dilaporkan Associated Press (AP), badai salju pertama di bagian Timur Laut AS musim dingin tahun ini mengubur bagian utara New York di bawah salju lebih dari 1 meter, memecahkan rekor di kota-kota besar dan kecil di seluruh wilayah.

Petugas yang membersihkan tumpukan salju dengan alat pengeruk membersihkan jalan saat salju menumpuk lebih dari 10 sentimeter setiap jam-nya.

Baca juga: Guatemala Diterpa Badai Eta, Korban Tewas Diperkirakan Capai 150 Orang

"Itu adalah badai yang sangat sulit dan cepat serta menurunkan jumlah salju yang luar biasa," kata Tom Coppola, pengawas jalan raya yang bertanggung jawab untuk menjaga 160 kilometer jalan di pinggiran kota Albany, Glenville, Kamis.

“Bahkan sampai pada titik di mana kami mengalami kesulitan mendorongnya dengan alat pengeruk.”

Badai salju turun 76 cm di Glenville antara pukul 01.00 hingga 06.00 pagi waktu setempat pada Kamis, meninggalkan pemandangan sunyi pepohonan bersalju, mobil yang terkubur, dan atap rumah ketika matahari akhirnya mengintip di siang hari.

"Jika Anda tidak harus pergi, mohon jangan keluar," kata Gubernur New York Andrew Cuomo, yang menyatakan keadaan darurat untuk 18 kabupaten atau county.

Dia mengatakan ada lebih dari 9.000 kasus pemadaman listrik, 600 kecelakaan dan dua korban jiwa pada Kamis siang.

Baca juga: Setelah Diterjang Topan Goni, Filipina Dilewati Badai Atsani

Menurut CBSN New York, di New Rochelle, Westchester County, sebuah atap toko Mavis Discount Tire sebagian runtuh tetapi tidak ada cedera yang dilaporkan. 

Di Broome County, di mana pusat regional Binghamton mendapat rekor salju 107 cm, Eksekutif County Jason Garnar mengatakan salju turun dengan kecepatan 10 hingga 12 cm per jam.

“Ini adalah curah hujan tercepat yang pernah saya temui,” kata Garnar.

Di Ithaca, Fred Cullin (23) membutuhkan waktu lebih dari satu setengah jam untuk menggali dari jalan masuk tepi danau yang curam yang dipenuhi salju setinggi hampir 3 kaki.

"Itu sangat gila," kata Cullin. “Menanjak di atas es, benar-benar menarik.”

Baca juga: Badai Delta Hantam AS, Calon Pengantin Ini Langsung Buru-buru Nikah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com