Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Mahkota Abu Dhabi Kunjungi Presiden Mesir Bahas Kesepakatan dengan Israel

Kompas.com - 17/12/2020, 14:55 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Arab News

KAIRO, KOMPAS.com - Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi pada Rabu (16/12/2020) dikabarkan melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed.

Melansir Arab News, pertemuan itu mendiskusikan kesepakatan negara mereka dengan Israel, keamanan di Timur Tengah, tentang energi dan bagaimana masing-masing negara mengatasi wabah virus corona.

Selama kunjungan Syekh Mohammed bin Zayed ke Kairo, dikatakan bahwa UEA akan bergabung dengan Forum Gas Mediterania Timur.

Baca juga: Perancis Berniat Selidiki Putra Mahkota Abu Dhabi atas Tuduhan Penyiksaan

Forum itu telah didirikan pada September lalu dan mencakup beberapa negara seperti Mesir, Israel, Yunani, Siprus, Italia dan Yordania.

Tujuan forum itu mempromosikan ekspor gas alam dan sekaligus kecaman luas terhadap upaya Turki yang mengeksplorasi sumber daya energi di wilayah tersebut.

Pertemuan itu memberikan status formal kepada kelompok yang berupaya mempromosikan ekspor gas alam dari Mediterania Timur.

Baca juga: UEA Kecam Pembunuhan terhadap Ilmuwan Nuklir Top Iran, Minta Semua Pihak Tahan Diri

Presiden Mesir El Sisi mengatakan bahwa peran UEA dalam forum tersebut akan "memberikan kepentingan strategis dan memperkuat kerja sama" antar-negara, seperti dikutip kantor berita negara UEA, WAM.

Sisi juga menekankan komitmen Mesir terhadap keamanan Teluk "sebagai perpanjangan dari keamanan nasional Mesir dan menolak tindakan apa pun yang berusaha mengganggu."

Baik Mesir dan UEA sama-sama membahas perjanjian mereka baru-baru ini dengan Israel dan sejumlah negara Arab termasuk Bahrain dan Sudan.

Baca juga: Dianggap Berbahaya, Senator AS Akan Hentikan Niat Trump Jual Senjata Senilai Miliaran Dollar ke UEA

Menurut kedua negara itu, perjanjian mereka dengan Israel dalam bingkai Abraham Accord membantu mereka mencapai "stabilitas dan keamanan regional dan global".

Perjanjian mereka dengan Israel juga mampu mengarah ke arah baru hubungan antara negara di kawasan, baik dalam pembangunan, konstruksi dan kemakmuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com