Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kematian karena Covid-19 Melonjak, California Siapkan 5.000 Kantong Jenazah

Kompas.com - 17/12/2020, 07:00 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com - California telah mendistribusikan 5.000 kantong jenazah yang baru dibeli dan 60 unit penyimpanan berpendingin untuk berjaga-jaga di sejumlah daerah dan rumah sakit, ujar Gubernur Negara Bagian California Gavin Newsom dalam jumpa pers terkait Covid-19, Selasa (15/12/2020).

Melansir Xinhua News, sejumlah kantong jenazah telah dikirim ke daerah San Diego, Los Angeles, dan Inyo, ujar sang gubernur, seraya memperingatkan bahwa "ini (Covid-19) adalah penyakit mematikan, dan kita harus berhati-hati di mana pun kita berada. Kita belum mencapai garis akhir."

Baca juga: Virus Tidak Libur Saat Weekend, Gubernur California Marahi Warganya yang ke Pantai

Newsom mengungkapkan dirinya tidak bermaksud menakut-nakuti warga California, tetapi keseriusan dari pengumuman itu tidak dapat diabaikan.

Dia juga mengumumkan bahwa California telah mengaktifkan program bantuan timbal balik di antara para petugas koroner di negara bagian tersebut.

Dengan demikian, jika petugas koroner di satu daerah kewalahan, mereka dapat menghubungi petugas koroner lainnya dari daerah terdekat untuk meminta bantuan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat Pesat, Restoran dan Bar di California Ditutup Kembali

Negara bagian berjuluk Golden State itu pada Selasa melaporkan 32.326 kasus infeksi corona baru dalam 24 jam terakhir dengan 142 kematian akibat penyakit terkait.

Selain itu, dipaparkan Newsom, rata-rata 163 orang meninggal dunia akibat Covid-19 setiap harinya selama tujuh hari terakhir, dan jumlah ini meningkat dari 41 pada bulan lalu.

Jumlah infeksi harian pada Selasa tergolong "tinggi secara historis", dan jumlah kematian tertinggi sepanjang masa sejak pandemi mulai merebak mencapai 225 yang dilaporkan pada Jumat (11/12/2020) pekan lalu.

Baca juga: Perawat New York Penerima Pertama Suntikan Vaksin Covid-19 Pfizer di AS

Sementara itu, tingkat rawat inap mencatat kenaikan 68 persen dalam dua pekan terakhir, imbuh Newsom, dan penerimaan unit perawatan intensif (ICU) juga mengalami lonjakan 54 persen pada periode yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com