Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Karantina Covid-19 Banyak Penduduk Desa di Inggris Temukan Harta Karun Abad Pertengahan

Kompas.com - 13/12/2020, 15:06 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber CNN

LONDON, KOMPAS.com - Selama masa karantina Covid-19 penduduk desa di Inggris banyak yang tanpa sengaja menemukan harta karun abad pertengahan di halaman belakang rumahnya.

Melansir CNN pada Sabtu (12/12/2020), British Museum mengumumkan pada pekan ini bahwa terdapat lebih dari 47.000 objek yang ditemukan selama 2020 oleh warga.

Orang-orang biasa menemukan sebagian besar artefak bersejarah saat melintasi pedesaan menggunakan detektor logam, sebelum menambahkan atau memperbarui catatan melalui Skema Barang Antik Portabel museum.

British Museum mengatakan program Skema Barang Antik Portabel itu memperlihatkan adanya peningkatan temuan.

Baca juga: Warga Desa Miskin Panen Harta Karun di Pesisir Pantai Venezuela: Ini Agenda Tuhan

Jumlah temuan itu diperbarui oleh para warga yang menjadi penemu dengan mencatatkannya melalui catatan digital barang antik,

Sementara, itu terjadi saat Inggris berada dalam aturan lockdown penuh di tengah pandemi Covid-19 antara 22 Maret dan 13 Mei.

Berdasarkan database digital yang dikumpulkan terdapat catatan bahwa ada lebih dari 1,5 juta objek yang ditemukan sejak 1998 oleh masyarakat umum, bukan oleh arkeolog profesional.

"Sangat brilian melihat skema tumbuh semakin besar selama lockdown, berkat penemuan di taman dan pelaporan digital," kata Menteri Kebudayaan Inggris Caroline Dinenage, dalam rilis pers.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Israel Temukan Harta Karun 425 Koin Emas Peninggalan Dinasti Abbasiyah | Kisah 3 Rumah di Lokasi Tak Biasa

Kaya temuan

Daftar harta karun yang ditemukan di halaman belakang yang digali tahun ini, terdiri dari segel abad pertengahan ke-13, bertuliskan tulisan Latin, "David, utusan Tuhan, uskup St. Andrews."

Dan yang menonjol di antara penemuan-penemuan baru adalah 2 penimbunan koin.

Salah satu harta karun itu, ada yang berisi 50 koin emas murni Afrika Selatan, yang ditemukan di Milton Keynes, sebuah kota sekitar 50 mil (80,5 km) dari barat laut London.

Baca juga: Israel Temukan Harta Karun 425 Koin Emas di Bawah Tanah, Peninggalan Dinasti Abbasiyah

Masih menjadi misteri bagaimana koin-koin itu, yang dicetak pada 1970-an selama era apartheid Afrika Selatan, terkubur di halaman belakang di desa-desa di Inggris.

Penimbunan koin besar lainnya ditemukan berisi 63 koin emas dan satu koin perak yang menampilkan raja Edward IV dan Henry VIII, kemungkinan besar dikuburkan pada abad ke-16.

Itu termasuk koin dengan inisial beberapa istri Henry VIII, termasuk Catherine dari Aragon, Anne Boleyn dan Jane Seymour.

Baca juga: Temukan Harta Karun Rp 13 Miliar, Pria AS Akhiri Perburuan 10 Tahun

Hampir 500 tahun kemudian selama pandemi Covid-19, penduduk menemukan koin-koin itu kembali saat menyiangi kebun mereka.

Penemuan amatir lainnya selama pandemi Covid-19 adalah perlengkapan furnitur Romawi kuno yang terbuat dari tembaga, dan dengan jelas menampilkan wajah dewa Oceanus.

Artefak itu, ditemukan di Old Basing sekitar 50 mil (80,5 km) tenggara London, berasal dari abad ke-1.

Baca juga: Buku Harian Nazi Ungkap Lokasi Harta Karun Perang Dunia II, Terkubur di Bawah Istana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com