Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genus Malaria Langka Muncul di India, Ditemukan pada Seorang Tentara

Kompas.com - 12/12/2020, 18:56 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

Sumber Xinhua

THIRUVANANTHAPURAM, KOMPAS.com - Para dokter di negara bagian Kerala, India selatan, mendeteksi genus malaria langka pada seorang pasien, kata sejumlah pejabat pada Jumat (11/12/2020).

Genus malaria baru itu ditemukan pada seorang tentara yang pulang dari Sudan.

Menurut sejumlah pejabat, tentara itu saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit yang dikelola pemerintah di Distrik Kannur, sekitar 490 kilometer sebelah utara Thiruvananthapuram, ibu kota Kerala.

Baca juga: Penyakit Misterius Serang India, Ada Nikel dan Timbal di Darah Pasien

"Plasmodium Ovale, genus baru malaria, telah terdeteksi di negara bagian itu. Ditemukan pada seorang tentara yang sedang dirawat di rumah sakit distrik di Kannur. Tentara itu datang dari Sudan," kata Menteri Kesehatan Kerala K K Shailaja dalam pernyataannya.

"Penyebaran penyakit itu dapat dihindari dengan tindakan pencegahan dan pengobatan tepat waktu," lanjutnya dikutip Kompas.com dari Xinhua.

Plasmodium Ovale merupakan salah satu spesies protozoa parasit penyebab malaria tertiana pada manusia. Ini merupakan yang terbaru dari empat spesies parasit malaria yang menjangkiti manusia.

Baca juga: Korban Penyakit Misterius di India Semakin Bertambah, 1 Orang Tewas

Spesies ini diketahui banyak ditemukan di wilayah sub-Sahara Afrika, tetapi juga dilaporkan di pulau-pulau di Pasifik barat, Filipina, dan Papua Niugini. Spesies itu tidak terlalu berbahaya.

Penyakit ini terdeteksi saat India sedang berjuang memerangi pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung.

Kerala merupakan negara bagian terdampak paling parah kelima akibat pandemi virus corona, dan sejauh ini melaporkan 654.041 kasus Covid-19 serta 2.533 kematian.

Baca juga: Penyakit Misterius di India Menjangkiti 250 Orang, Gejala Mirip Epilepsi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com