Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Muda Ini Jadi Tajir Melintir dalam Satu Malam, Seperti Apa Kisahnya?

Kompas.com - 05/12/2020, 17:44 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

FLORIDA, KOMPAS.com - CEO Luminar Technologies, Austin Russell (25) menjadi kaya dalam satu malam setelah debut pasar saham perusahaannya pekan ini, lapor New York Post, Jumat (4/12/2020).

Pendiri perusahaan rintisan yang membantu mobil dapat mengemudi sendiri itu baru saja menjadi seorang miliarder meski usianya belum cukup umur untuk menyewa mobil sendiri.

Perusahaan Russell berbasis di Florida, dia dirikan ketika masih berusia 17 tahun. Perusahaannya memproduksi alat yang disebut pemindai lidar yang menggunakan laser untuk memberikan mobil otonom pandangan tiga dimensi ke jalan serta apa yang ada di sekitarnya.

Baca juga: [VIDEO] Tajir Melintir, Pria di India Ini Pakai Masker Emas untuk Tangkal Virus Corona

Harga saham perusahaan Luminar miliknya melonjak hampir 28 persen pada Kamis, memberi perusahaan itu nilai pasar sekitar 7,8 miliar dollar Amerika Serikat (AS) menurut laporan Wall Street Journal.

Itu artinya Russell kini memiliki 104,7 juta saham, sekitar sepertiga dari saham perusahaan yang beredar yang bernilai 2,4 miliar dollar AS dan menjadikannya miliarder termuda di dunia versi Forbes.

Kekayaannya melonjak lebih tinggi lagi pada Jumat kemarin dengan saham perusahaannya mencapai hampir 37 persen membuat kekayaan bersih Russell senilai 3,3 miliar dollar AS jelang akhir pekan ini.

Baca juga: Miliarder Muda Sembunyikan Keberhasilan Bisnisnya karena Alasan Malu

"Ini benar-benar tidak nyata walau masuk akal dan sulit menjelaskan dikotomi atas keduanya, namun tentu ini selalu jadi tujuan," ujar Russell dikutip CNBC, Kamis kemarin.

"Kami telah menyiapkan perusahaan untuk menjadi bisnis dan kekuata jangka panjang yang berkelanjutan dan mendukung masa depan otonomi untuk semua pembuat mobil ini."

Russell adalah salah satu miliarder pertama yang tampil dengan bisnis kendaraan tanpa pengemudi. Dia keluar dari Stanford University saat berusia remaja pada tahun 2012 untuk memulai perusahaan Luminarnya dengan bantuan beasiswa yang disponsori oleh taipan Silicon Valley Peter Thiel yang juga berinvestasi di Facebook dan Palantir.

Baca juga: Cuci Ban Lamborghini dengan Sampanye Seharga Rp 3,7 Juta, Anak Miliarder Ini Banjir Kecaman

Di bawah kepemimpinan Russell, perusahaan Luminar telah menandatangani kesepakatan untuk memasok unit lidar bagi kendaraan merek Volvo dan bermitra dengan Daimler Truck juga Mobileye, unit kendaraan otonom Intel.

"Sekarang semuanya tentang skala, eksekusi, dan menyaksikannya," kata Russell kepada Reuters.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com