Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocor di Internet, Tentara Australia Minum Bir dari Kaki Palsu Milisi Taliban yang Sudah Mati

Kompas.com - 02/12/2020, 08:57 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber www.rt.com

KOMPAS.com – Sejumlah foto yang bocor ke publik menunjukkan tentara Australia tengah berpesta dengan kaki palsu yang diduga milik anggota Taliban.

Foto-foto tersebut bocor di tengah kemarahan publik atas laporan pelanggaran yang dilakukan tentara Australia di Afghanistan sebagaimana dilansir dari RT.

Media asal Inggris, The Guardian, memperoleh foto-foto tersebut lalu mempublikasikannya. Dalam salah satu gambar, seorang tentara pasukan khusus Australia terlihat meminum bir dari kaki palsu.

The Guardian melaporkan, tentara yang berpesta dalam foto itu masih bertugas di angkatan bersenjata Australia.

Baca juga: Buntut Penyelidikan Pembunuhan di Afghanistan, 13 Tentara Australia Dipecat

Dalam foto lain, dua tentara terlihat berpose dengan anggota tubuh palsu dengan bendera bajak laut tergantung di dinding di belakang mereka.

Gambar-gambar tersebut mendokumentasikan suasana di bar tidak resmi, yang dikenal sebagai Fat Lady's Arms, yang terletak di dalam pangkalan pasukan khusus Australia di Tarin Kowt, ibu kota provinsi Uruzgan, Afghanistan.

Kaki palsu itu dikabarkan milik seorang tersangka anggota Taliban yang tewas dalam sebuah serangan pada April 2009, The Guardian melaporkan.

Sumber dari tentara memberi tahu The Guardian bahwa tentara berpangkat tinggi sebenarnya mengetahui praktik berpesta dengan kaki palsu tersebut.

Baca juga: Muncul Laporan Kejahatan Perang di Afghanistan, Australia Bekukan 13 Tentara

Seorang mantan tentara mengatakan kepada The Guardian bahwa kaki palsu tersebut selalu dibawa oleh unit pasukan khusus Australia di Afghanistan setiap saat.

Publikasi foto-foto tersebut bertepatan dengan hasil penyelidikan selama empat tahun yang menemukan bukti adanya kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan khusus Australia di Afghanistan.

Laporan penyelidikan tersebut mengidentifikasi bukti 39 pembunuhan di luar hukum yang dilakukan oleh pasukan Australia di negara tersebut.

Laporan tersebut juga mencatut referensi pada kejadian di Fat Lady’s Arms, tetapi tidak secara khusus menyebutkan kaki palsu.

Baca juga: Tentara Australia SAS Terekam Tembak Mati Warga Afghanistan Tak Bersenjata

Halaman:
Sumber www.rt.com
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com