Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tayangkan Tutorial "Berbelanja dengan Seksi", Acara TV Ini Ditangguhkan

Kompas.com - 27/11/2020, 09:44 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Daily Mail

ROMA, KOMPAS.com - Lembaga penyiaran Italia, Rai, menangguhkan salah programnya karena memberikan tutorial tentang berbelanja dengan cara yang seksi.

Selain menampilkan tutorial berbelanja dengan cara yang seksi, salah satu episode dalam acara bernama Detto Fatto tersebut menampilkan wanita berpakaian minim dengan sepatu hak tinggi.

Chief Executive Rai Fabrizio Salini mengatakan salah satu segmen yang muncul di acara Detto Fatto adalah kasus yang sangat serius dan menunjukkan stereotip yang tidak sehat.

Dalam acara tersebut, seorang wanita muda dengan mengenakan sepatu hak tinggi dan bercelana pendek setinggi paha, mengajari wanita untuk berbelanja di supermarket secara seksi.

Baca juga: Foto Seksual Sineenat Selir Raja Thailand Bocor ke Publik

Wanita itu mengajari cara mengambil barang belanjaan, baik yang terletak di atas kepala maupun yang terletak di bawah lutut, dengan cara yang dia anggap seksi.

Di akhir segmen, wanita itu melakukan improvisasi tarian yang menggoda, dengan troli belanja sebagai penyangganya untuk bergerak.

Salini mengatakan penyelidikan akan diluncurkan untuk melihat apakah acara itu melanggar pedoman editorial.

Sementara itu, episode lain Detto Fatto yang dijadwalkan tayang pada Rabu (25/11/2020) telah ditarik, sebagaimana dilansir dari Daily Mail, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Dinilai Terlalu Seksi Perlihatkan Belahan Dada, Foto PM Finlandia Dikritik

Salini menambahkan episode tersebut tidak ada hubungannya dengan semangat pelayanan publik dan dengan editorial dari Rai.

“Jelas saya memulai penyelidikan untuk memastikan tanggung jawab dan kami sedang mengevaluasi masa depan program ini,” kata Salini.

Kritik terhadap episode tersebut dimulai di media sosial pada Rabu malam.

Kritik tersebut dengan cepat mencapai telinga salah satu pejabat tinggi Italia, Andrea Martella, dan langsung mengkritik acara tersebut.

Baca juga: Dianggap Bulat dan Seksi, Iklan Bawang Diblokir Facebook

“'Mungkin diperlukan tutorial bukan tentang bagaimana berbelanja tetapi tentang bagaimana melakukan pelayanan publik dengan tidak menginjak-injak nilai dan sejarah Rai,” kata Martella.

Salah satu pengguna Twitter mengkritik acara tersebut dengan mengatakan bahwa acara itu seperti komedi seksi era 1970-an.

Direktur penyiar Ludovico Di Meo mengatakan bahwa Detto Fatto adalah pertunjukan yang memiliki satu-satunya aspirasi, jika memungkinkan, untuk menghibur.

“Program kemarin mengalami kesalahan yang sangat serius, tentu saja tidak diinginkan, yang pertama-tama saya minta maaf kepada pemirsa dan pemirsa,” kata Di Meo.

Baca juga: Usai Lihat Tarian Seksi, Pria Dimutilasi Sepasang Gadis, Rekeningnya Dibobol Rp 1 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com