Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabinet Joe Biden dan Klaim Siap Jadi Pemimpin Dunia Lagi

Kompas.com - 25/11/2020, 09:08 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

WILMINGTON, KOMPAS.com – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bahwa AS siap untuk memimpin panggung global lagi setelah menunjuk sejumlah kabinetnya.

Kabinet Joe Biden tersebut digadang-gadang bakal mengakhiri kebijakan “America First” ala Donald Trump sebagaimana dilansir dari Reuters.

Pernyataan Biden tersebut dilontarkan pada Selasa (24/11/2020) dan berjanji untuk bekerja sama dengan para sekutu AS.

Biden mengatakan setelah resmi dilantik menjadi Presiden AS pada 20 Januari 2021, dia akan mengarahkan AS menjauh dari nasionalisme unilateralis yang dikejar oleh Trump.

Baca juga: Kabinet Joe Biden, Pertama Kalinya Wanita Akan Jadi Menteri Keuangan AS

Dikabarkan sebelumnya, daftar para pejabat di kabinet Joe Biden adalah gabungan dari orang-orang yang bekerja di Kementerian Luar Negeri AS pemerintahan Barack Obama dan Gedung Putih.

Beberapa memiliki kedekatan dengan sang presiden terpilih sejak bertahun-tahun yang lalu, tapi kabinet baru Joe Biden menunjukkan keberagaman yang lebih daripada sebelumnya.

Dia memilih eks penasihat kebijakan luar negeri Anthony Blinken menjadi Menteri Luar Negeri AS, dan mantan Menteri Luar Negeri AS John Kerry sebagai spesialis perubahan iklim.

Biden mengatakan, timnya akan merealiasikan pemikiran lama dan kebiasaan yang tidak berubah dalam pendekatannya terhadap kebijakan luar negeri.

Baca juga: Kabinet Baru Joe Biden, Ini Profil Singkat Para Pejabat Terpilih

“Ini adalah tim yang mencerminkan fakta bahwa Amerika telah kembali, siap untuk memimpin dunia, tidak mundur darinya, sekali lagi duduk di puncak meja, siap untuk menghadapi musuh kita dan tidak menolak sekutu kita, siap untuk membela nilai-nilai kita,” kata Biden di Wilmington, Delaware, AS.

Dunia telah banyak berubah sejak Partai Demokrat terakhir kali menduduki Gedung Putih empat tahun lalu.

China sedang bangkit dan semakin berani, Rusia telah berusaha untuk lebih menegaskan pengaruhnya, pengaruh AS telah memudar karena telah menarik diri dari berbagai kesepakatan.

Di sisi lain, otoritas moral AS telah dirusak oleh kekacauan di dalam negeri.

Baca juga: Kabinet Baru Joe Biden, Sinyal Akhiri “America First” ala Trump

Kebijakan luar negeri AS di bawah pemerintahan Biden kemungkinan akan mengambil lebih banyak pendekatan multilateral dan diplomatik.

Hal itu bertujuan untuk memperbaiki hubungan AS dengan sekutunya dan mengatasi masalah krusial seperti masalah perubahan iklim.

Biden mengatakan bahwa dia telah berhubungan dengan sekitar 20 pemimpin negara-negara di dunia melalui sambungan telepon.

Halaman:
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com