Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspedisi Titanic Dimulai 2021, Biaya Keikutsertaan Rp 1,7 Miliar

Kompas.com - 21/11/2020, 20:09 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com – Perusahaan OceanGate Expeditions mengajak masyarakat untuk melakukan ekspedisi mendokumentasikan kapal Titanic mulai 2021.

Kendati demikian, para calon peserta tidak dibayar melainkan harus membayar sekitar 125.000 dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 1,7 miliar untuk dapat mengikuti misi tersebut.

Di sisi lain, tidak sembarang orang bisa mengikuti misi tersebut. Pihak perusahaan akan menyeleksi calon peserta sebagaimana dilansir dari Fox News.

Menurut OceanGate Expeditions, para peserta dalam misi itu akan disebut sebagai “ilmuwan warga” yang akan berpartisipasi lebih dari sekadar melihat situs bersejarah.

Baca juga: Radio yang Dipakai Minta Bantuan Saat Kapal Titanic Tenggelam Bakal Diambil

Mereka akan benar-benar dilatih sebagai anggota kru sebelum terjun ke dalam misi dan akan akan menjalankan benar-benar menjalankan perannya secara langsung.

Para perserta akan menjadi orang yang bekerja untuk menciptakan model 3 dimensi virtual fotorealistik dari puing-puing Titanic dengan pemindaian laser dan video 4K.

Ekspedisi Survei Titanic adalah puncak dari sebuah visi untuk memberi lebih banyak orang jendela ke lautan kita yang dalam dan akses ke situs Titanic yang bersejarah,” kata Presiden OceanGate Expeditions, Stockton Rush, dalam sebuah pernyataan.

Menurutnya, survei tersebut sangat penting untuk kelangsungan penelitian mereka.

Baca juga: Ketika Wali Kota Bekasi Tanggapi Sindiran Jalan Rusak dalam Meme Jack dan Rose Titanic

“Dukungan dari spesialis misi sangat penting untuk eksplorasi multi-tahun, penelitian, dan upaya pelestarian digital kami,” tambah Rush.

Para ilmuwan warga akan memiliki kesempatan melayani dalam ekspedisi aktif bersama ilmuwan oseanografi, peneliti arkeologi, dan veteran ekspedisi Titanic di seluruh misi.

Sebanyak sembilan ilmuwan warga yang memenuhi syarat akan disetujui untuk pergi dalam setiap misi, kata rilis itu.

Namun, mereka harus membayar mahal untuk dapat berpartisipasi dalam misi tersebut senilai 125.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Baca juga: Aurora Muncul saat Titanic Tenggelam, Benarkah Penyebab Karamnya Kapal?

Biaya yang dikeluarkan para peserta tersebut digunakan untuk Biaya Pelatihan & Dukungan Misi untuk ekspedisi survei Titanic.

Misi itu sedianya akan dimulai pada 2021. Ada enam ekspedisi yang dijadwalkan pada musim panas 2021, dari akhir Mei hingga pertengahan Juli.

Rangkaian ekspedisi lain akan dijalankan pada musim panas 2022 menurut OceanGate Expedition.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com