Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden AS Terpilih Joe Biden Sudah Kantongi Nama Calon Kandidat Menteri Keuangan

Kompas.com - 20/11/2020, 06:52 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

WILMINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden pada Kamis (19/11/2020) mengatakan bahwa dirinya telah memiliki calon kandidat menteri keuangan yang akan diterima oleh seluruh anggota Partai Demokrat. 

Menurut AFP, Biden akan mengumumkan nama kandidatnya itu segera.

"Kami telah memutuskan dan Anda sudah dengar bahwa persis sebelum atau sesudah Thanksgiving," ujar Biden kepada wartawan mengacu kapan nama kandidat menteri keuangan dipublikasikan.

Baca juga: Jadi Presiden AS di Usia 78 Tahun, Apakah Biden Hanya Menjabat 1 Periode?

Orang-orang keuangan yang dekat dengan Biden telah menunjuk Gubernur Federal Reserve, Lael Brainard sebagai yang paling kompeten di antara orang-orang yang dipertimbangkan presiden terpilih.

Sebagai satu-satunya Demokrat yang tersisa di Dewan Gubernur Federal, dia sering mempertaruhkan posisi minoritas yang menarik perhatian, seperti gerakan berlawanan yang memudahkan aturan yang mengatur bank-bank besar.

Anggota parlemen kulit hitam telah mengisyaratkan bahwa mereka menginginkan orang dengan kulit berwarna yang memimpin kementerian keuangan, seperti investor Mellody Hobson, salah satu wanita kulit hitam paling kuat di Wall Street.

Baca juga: Biden Jadi Presiden AS, Bagaimana Indonesia Bisa Ambil Keuntungan?

Mantan ketua Federal Janet Yellen, mantan wakil menteri keuangan Sarah Bloom Raskin dan kepala eksekutif Bank TIAA Roger Ferguson juga dikatakan sedang dalam pertimbangan.

Kandidat Biden akan menggantikan Menkeu Steven Mnuchin, yang memimpin respons Gedung Putih atas kemerosotan ekonomi yang menghancurkan akibat pandemi Covid-19.

Mnuchin bekerja dengan anggota parlemen di Kongres untuk mengesahkan Undang-undang CARES senilai 2,2 triliun dollar AS pada awal tahun, yang membantu ekonomi pulih dari pemutusan hubungan kerja massal dan kontraksi tajam dalam pertumbuhan akibat pandemi.

Namun ketentuan utama dari tindakan itu, seperti program pinjaman dan hibah untuk usaha kecil serta pembayaran pengangguran yang diperluas telah berakhir selama musim panas lalu.

Baca juga: Nasihat Obama kepada Trump: Akuilah Kalah dari Biden

Hal itu meningkatkan kekhawatiran bahwa AS akan mengalami perlambatan baru dalam pertumbuhan karena kasus virus corona melonjak secara nasional. 

Negosiasi antara Demokrat dan Republik di Kongres dengan Mnuchin tentang pengesahan langkah stimulus lain juga telah menemui jalan buntu selama berbulan-bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com