Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Chechnya Sebut Mural Superhero Marvel Harus Diganti dengan Sosok 'Pahlawan Nyata'

Kompas.com - 18/11/2020, 18:52 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

GROZNY, KOMPAS.com - Pemimpin Republik Chechnya, Federasi Rusia, Ramzan Kadyrov mengatakan bahwa anak-anak Chechnya harus meninggalkan pahlawan super Marvel dan temukan pahlawan sejarah yang nyata dari kawasan itu pada Senin (16/11/2020).

Melansir the Moscow Times, pernyataan itu muncul setelah Kadyrov mengunjungi kompleks perumahan yang baru dibangun di kota Kurchaloy, bagian tenggara ibu kota Grozny.

Melalui media sosial Rusia, VKontakte, Kadyrov mengatakan bahwa dirinya 'membuat sedikit penyesuaian' pada desain taman bermain dalam ruangan kompleks perumahan yang dindingnya bergambar Iron Man, Thor dan Captain America.

Baca juga: Pemimpin Republik Chechnya Pecat Tenaga Medis yang Keluhkan Kurangnya APD

“Gambar karakter yang dibuat-buat ini harus dihilangkan, ini adalah fantasi,” kata Kadyrov tentang mural yang ditunjukkan dalam video di media sosial VKontakte-nya.

“Kami memiliki banyak pahlawan sejati dalam sejarah bangsa dan agama kami, yang dapat dan harus menjadi teladan. Jika tidak, mereka [anak-anak] akan berpikir bahwa hanya [pahlawan Marvel] ini yang ada.”

Baca juga: Pemimpin Chechnya: Pelanggar Karantina Virus Corona Harus Dibunuh

Kadyrov tidak menjelaskan sosok siapa yang harus menggantikan pahlawan super atau apakah nama taman bermain yang menggunakan bahasa Inggris, Like Land, juga akan diubah.

Orang kuat di Chechnya itu telah berusaha untuk memaksakan nilai-nilai Islam di wilayah mayoritas Muslim meskipun status Rusia adalah negara sekuler.

Dia juga dituduh oleh kelompok hak asasi internasional telah menyaksikan pelanggaran hak asasi manusia yang meluas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com