Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Kekuatan Musik, Ex-Balerina Penderita Alzheimer Ini Jadi Ingat Gerakan Tariannya

Kompas.com - 14/11/2020, 11:11 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah video yang diunggah di YouTube menjadi viral karena memperlihatkan seorang mantan balerina penderita Alzheimer, Marta González, mampu mengingat gerakan tariannya saat mendengarkan musik.

Alzheimer sendiri adalah kelainan progresif yang menyebabkan sel-sel otak menyusut lalu mati.

Penyakit itu menyebabkan demensia atau membuat penderitanya mengalami penurunan dalam berpikir, berperilaku dan bersosial.

Video yang sangat emosional itu diunggah oleh Música para Despertar pada 30 Oktober lalu dan telah dibagikan ribuan kali di media sosial.

Baca juga: Down Swan, Kisah Anak Down Syndrome yang Bermimpi Jadi Balerina

Música para Despertar adalah organisasi yang berbasis di Granada, Spanyol yang mempromosikan "musik dan cinta" bagi mereka yang hidup dengan Alzheimer.

Tujuan mereka untuk meningkatkan kesadaran, kepekaan dan pelatihan pusat senior, profesional hingga anggota keluarga dan pengasuh menurut catatan di biografi Twitter mereka.

Mengutip Fox News, perwakilan Música para Despertar mengatakan bahwa video itu direkam pada tahun 2019 tak lama sebelum Marta González meninggal dunia.

Momen itu diabadikan oleh pendiri organisasi Pepe Olmedo yang merupakan seorang psikolog, musisi sekaligus sutradara.

Baca juga: Kekuatan Musik dalam Mencerdaskan dan Menyehatkan

González bersama Olmedo merekam momen itu di suatu tempat di Muro de Alcoy, sebuah kota yang letaknya di dalam kota pesisir Spanyol, Valencia.

Menurut pihak Música para Despertar, merupakan suatu kehormatan bagi mereka bahwa video yang merekam Marta González mampu menggugah seluruh dunia.

"Sangat penting untuk membuat lebih banyak orang sadar akan kekuatan musik," ujar mereka dalam pernyataan kepada Fox News.

Mereka mengaku mengumpulkan data tentang Marta González dan mempelajari sejarah hidup seniman tari itu.

"Dia dilatih pada tahun 60-an di Kuba di Sekolah Balet Nicolay Yavorsky."

Dalam momen yang direkam itu, Marta mendengarkan musik dari tarian "Swan Lake" karya Pyotr Ilyich Tchaikovsky dengan klip video yang diambil dari lagu "The Dying Swan" yang dibawakan oleh Balet Mariinsky dan menampilkan balerina Rusia Ulyana Lopatkina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com