Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump "Nyaris" Akui Kekalahannya di Pilpres AS Saat Beri Pengarahan di Gedung Putih

Kompas.com - 14/11/2020, 06:38 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump hampir mengakui kekalahannya di pemilihan presiden AS 3 November pada Jumat (13/11/2020) dengan mengatakan, "Waktu akan menjawabnya."

Melansir AFP, Trump yang menolak mengakui bahwa dia kalah dalam pemilihan berbicara pada pengarahan di Gedung Putih tentang pandemi Covid-19.

"Idealnya, kami tidak akan melakukan lockdown. Aku tidak akan melakukan itu. Pemerintahan ini tidak akan memberlakukan lockdown," ujar Trump.

Baca juga: Trump Akan Deklarasi Maju Pilpres 2024 Usai Sertifikasi Kemenangan Biden

"Semoga saja, apa, apa pun yang terjadi di masa mendatang, siapa tahu akan jadi pemerintahan yang mana, saya rasa waktu akan menjawab. Namun, dapat saya katakan kepada Anda, pemerintahan ini tidak akan memberlakukan lockdown," kata Trump.

Presiden itu lalu berdiri sementara beberapa pembicara lain berbicara tentang respons pemerintah terhadap wabah virus corona yang telah menewaskan lebih dari 243.000 orang di Amerika Serikat.

Trump lantas meninggalkan acara di White House, tepatnya di Rose Garden, tanpa menanggapi wartawan yang meneriakkan pertanyaan seperti, "Kapan Anda akan mengakui kekalahan Anda dalam pemilihan, Pak?"

Baca juga: Para Pejabat di AS Nyatakan Pemilu AS Aman, Tolak Klaim Donald Trump

Pernyataannya di Rose Garden adalah yang pertama bagi Trump sejak 5 November lalu, setelah dia keliru mengeklaim kemenangan dan mengatakan bahwa dirinya telah dicurangi dalam pemilihan.

Hasil pemilihan presiden menunjukkan lawan Trump dari Partai Demokrat, Joe Biden, memenangi negara bagian Georgia, memberinya 306 suara di Electoral College atau Dewan Elektoral yang menentukan pemenang.

Adapun Trump selesai dengan angka 232.

Baca juga: Akses Informasi Intelijen yang Penting untuk Biden Ditunda oleh Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com