Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2020, 14:16 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

ALSACE, KOMPAS.com - Sepasang suami-istri di Perancis timur menemukan benda tak terduga ketika tengah berjalan-jalan. Mereka menemukan pesan dari merpati pos yang hilang lebih dari 110 tahun lalu.

Pesan itu dikirim oleh seorang tentara Jerman lebih dari seabad lalu, menggunakan seekor merpati pos yang bernasib buruk.

Pesan dari seorang prajurit infanteri itu menuliskan dia berbasis di Ingersheim, ditulis dalam bahasa Jerman dengan tulisan tangan yang nyaris tidak dapat dibaca.

Baca juga: Penyakit Lawas Zaman Perang Dunia I Muncul Lagi di Amerika Serikat

Melansir AFP, pesan itu dialamatkan kepada perwira atasan, menurut Dominique Jardy, kurator Museum Linge di Orbey, Perancis timur.

Pesan itu diperkirakan terjadi pada tahun 1910 atau mungkin bisa jadi 1916. Saat itu, Ingersheim, kini menjadi departemen Grand Est Perancis merupakan bagian dari Jerman.

Sepasang suami-istri bernama Juliette dan Jardy Halaoui itu menemukan pesan dari tentara Prusia dalam kapsul kecil pada September kemarin di sebuah ladang di Ingersheim, Alsace, Perancis.

Baca juga: Bunker Sonnenberg. Persiapan Swiss dari Perang Dunia 3

"Ketika benda ini dijelaskan kepada saya, saya sangat bersemangat seperti orang gila. Ini pertama kalinya saya melihat sesuatu seperti ini dalam 40 tahun [bekerja]," kata Jardy kepada situs berita DNA Perancis.

Pesan itu telah dibawa ke Museum Linge, di Orbey, museum yang didedikasikan untuk salah satu pertempuran paling berdarah Perang Dunia I, dari tahun 1914 sampai 1918.

Jardy meminta bantuan seorang teman dari Jerman untuk menjelaskan isi pesan itu. Pesan itu sendiri ditulis di atas sepotong kertas kalkir dan dimasukkan ke dalam kapsul yang diikat pada kaki burung merpati. 

Pesan itu diperkirakan berisi tentang latihan militer tentara Jerman saat Perang Dunia I.

Baca juga: Sejarah Perang Dunia I (1914-1918)

Melansir Daily Mail, penemuan yang mereka sebut 'super langka' itu akan menjadi bagian dari pajangan museum tersebut.

Merpati pos punya peran penting dalam komunikasi selama Perang Dunia I dan digunakan oleh semua pihak untuk menyampaikan pesan penting.

Biasanya, uang kertas ini akan dimasukkan ke dalam kapsul logam dan dipasang di kaki merpati sebelum burung itu dilepaskan.

Menurut akun seorang tentara yang diterbitkan oleh Imperial War Museum di London, burung-burung tersebut dapat membawa pesan dengan kecepatan 40 mil per jam.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Perang Dunia I Berakhir Jam 11, Tanggal 11, Bulan 11

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com