Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres AS 2020: Pennslyvania Pun Berganti Arah Angin dan Biden Ganti Memimpin

Kompas.com - 06/11/2020, 21:41 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

KOMPAS.com—Pennsylvania pun membiru di perhitungan sementara suara Pilpres AS 2020 yang tinggal menyisakan segelintir suara. 

Merujuk pada live tracking Associated Press yang diakses pada Jumat (6/11/2020) pukul 20.55 WIB, Pennsylvania masih berwarna merah muda untuk keunggulan Donald Trump hingga cakupan suara 97 persen.

Begitu cakupan suara bertambah menjadi 98 persen, arah angin berbalik. Giliran Joe Biden dan Partai Demokrat memimpin.

Terpantau, Biden sementara memimpin di Pennsylvania dengan 49,5 persen suara sementara Trump ada di posisi 49,4 persen suara, dengan selisih pemilih terpantau sekitar 5.000 orang.

Pada Pilpres AS 2016, Trump secara mengejutkan memenangi Pennsylvania, saat berhadapan dengan Hillary Clinton.

Baca juga: Hasil Pilpres AS 2020 Trump vs Biden

Perubahan ini tak berselang lama dengan Georgia yang malah terjadi di cakupan suara 99 persen. Sama-sama mengumpulkan 49,4 persen suara, Trump sebelumnya terus mengungguli Biden di Georgia. Perbedaan "hanya" terpantau dari satuan jumlah pemilih.

Dari semula Trump didukung oleh 2.500-an pemilih lebih banyak di Georgia, Biden ganti memimpin laju hasil sementara dengan tambahan pemilih tak lebih dari seribu orang. Namun, data dan angka ini pun masih terus bergerak.

Dengan perubahan ini, hasil sementara Pilpres AS 2020 tinggal menyisakan keunggulan Trump di Carolina Utara untuk negara bagian penentu, plus Alaska yang baru terpantau hasil untuk 50 persen suara popular vote

Sebaliknya, Biden sedang berada di atas angin, dengan sementara memimpin di Nevada, Georgia, dan Pennsylvania. Bermodal 264 poin electoral vote yang sudah didapat, Biden sejatinya tinggal butuh 6 suara lagi yang bisa ditutup dari Nevada sebagai basis Demokrat. 

Nevada menjadi sorotan karena lambannya proses penghitungan. Hingga tulisan ini dibuat, cakupan suara yang sudah dihitung di Nevada masih tertahan di 84 persen, tak beranjak dalam 24 jam terakhir. 

Baca juga: Siapa Bilang Presiden AS Dipilih Langsung oleh Rakyat?

Namun, bila Georgia atau Pennsylvania apalagi keduanya dapat dipastikan hasil konklusif untuk Biden, kemenangan sudah pasti di tangan apa pun hasil yang didapat dari Nevada, Carolina Utara, dan Alaska.

Di kubu Trump, Gedung Putih akan dia pertahankan jika dan hanya jika semua suara electoral vote dari empat negara bagian penentu yang belum konklusif bisa dia sapu bersih. Salah satu saja tidak dia menangi, Trump harus mengucap selamat tinggal kepada Gedung Putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com