Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres AS: Biden Ungguli Penghitungan Sementara Suara, Trump Kirim Serangkaian Tuntutan Hukum

Kompas.com - 05/11/2020, 09:58 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Capres Joe Biden telah bergerak ke dalam 17 suara elektoral untuk mengklaim kursi kepresidenan dengan memenangkan negara bagian Michigan, menurut penghitungan CNN.

Capaian Biden datang ketika tim kampanye Trump meluncurkan serangkaian tuntutan hukum di beberapa negara bagian untuk menghentikan kemenangan mantan wakil presiden itu.

Tim Trump menantang penghitungan suara Pennsylvania di Mahkamah Agung.

Pemilu Amerika Serikat berlangsung tegang karena perlombaan diperketat secara dramatis juga di Georgia, negara bagian yang ditargetkan memenangkan suara untuk Trump, bersama dengan Pennsylvania.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Donald Trump Kalah dalam Pilpres Amerika?

Pada Rabu malam (4/11/2020), seperti yang dilansir dari CNN pada Kamis, negara itu menunggu hasil penghitungan suara di Arizona dan Nevada, yang mengumumkan tidak akan melaporkan hasil terbaru hingga tengah hari Kamis.

Kemenangan Biden di Michigan berarti dia sekarang telah merebut dua pertiga dari wilayah kebanggaan bersama dengan Midwest dan Pennsylvania, yang membuka jalan Trump menuju kemenangan pada empat tahun lalu.

Baca juga: Update Hasil Sementara Pilpres AS: Kedua Capres Saling Klaim Kemenangan

Jika Biden memegang kepemimpinannya di Nevada dan Arizona, di mana penghitungan belum selesai, dia akan memiliki suara Electoral College yang cukup untuk menjadi presiden ke-46.

Kubu Biden juga yakin akan menyalip Trump di medan pertempuran utama, Pennsylvania, di mana ratusan ribu surat masuk dan suara yang absen di awal, yang diharapkan mendukung Demokrat, masih dihitung.

Namun, tim kampanye Trump berencana untuk meminta pengadilan turun tangan dalam kasus yang menantang keputusan Mahkamah Agung untuk memungkinkan surat suara Pennsylvania dihitung setelah Hari Pemilihan.

Baca juga: Khamenei: Hasil Pilpres AS Tak Akan Pengaruhi Kebijakan Iran terhadap Washington

Para hakim telah menolak untuk mempercepat banding sebelum pemilihan, dan sedang mempertimbangkan apakah akan menangani kasus tersebut.

Biden memimpin 253-213 di Electoral College. Seorang kandidat harus mencapai angka 270 untuk memenangkan kursi kepresidenan.

Perolehan suara di Arizona, Georgia, Nevada, North Carolina, dan Pennsylvania terlalu ketat.

Dalam banyak kasus, persaingan ketat dapat bergantung pada penghitungan jumlah yang tidak hadir dan surat suara yang masuk, yang cenderung menguntungkan Demokrat secara tidak proporsional.

Baca juga: Biden ke Gedung Putih atau Tidak di Pilpres AS 2020: Tergantung Nevada

Dalam sebuah pernyataan singkat pada Rabu sore (4/11/2020), Biden mengatakan kampanyenya berada di jalur untuk memenangkan 270 suara pemilihan, tetapi dia tidak menyatakan kemenangan sampai penghitungan selesai di negara-negara bagian utama.

Dia mengatakan dia didorong oleh jumlah pemilih yang luar biasa dalam pemilihan dan menolak upaya Trump untuk merusak hasilnya.

"Di sini, rakyat berkuasa. Kekuasaan tidak bisa diambil atau ditegaskan," kata Biden, dalam pidatonya di mana dia mencoba menciptakan aura pemenang, dengan berjanji untuk menyatukan negara dan bekerja untuk pemulihan nasional sebagai presiden.

Baca juga: Pilpres AS: Biden Balas Klaim Trump soal Hasil Pemilihan sebagai Penelanjangan Hak

Trump belum muncul di depan umum sejak klaim kemenangannya yang disebut-sebut lancang dan palsu, pada Rabu pagi dini hari, di mana dia menuntut agar ada tindakan hukum di beberapa negara bagian dalam penghitungan suara, yang menurutnya ada kemungkinan suara untuknya tidak dihitung.

Amerika sekarang tampaknya berada dalam ketidakpastian berjam-jam atau bahkan berhari-hari dengan penghitungan suara di beberapa negara bagian yang mungkin akan diintervensi pengadilan saat ada pertempuran di jalur hukum dan berbagai negara itu diguncang krisis kesehatan masyarakat terburuk dalam 100 tahun.

Saat seluruh mata tertuju pada hasil pilpres pada Selasa, ada 1.048 warga Amerika meninggal karena pandemi Covid-19, sehingga total ada 233.000 orang Amerika sekarang telah tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com