Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres AS: Kemenangan Sementara Joe Biden dan 5 Kesimpulannya

Kompas.com - 05/11/2020, 05:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Penghitungan suara pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) saat ini masih berlangsung. Kedua capres bersaing dengan ketat untuk mendapatkan 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk memenangi kursi kerpresidenan.

Pada Rabu (4/11/2020) pagi waktu setempat, penghitungan sementara oleh CNN belum memproyeksikan pemenang di Arizona, Georgia, Maine, Michigan, Nevada, North Carolina, Pennsylvania, atau Wisconsin. Alaska juga masih terlalu dini untuk disimpulkan.

Menurut proyeksi CNN pada pukul 10.23 ET (22.23 WIB), Biden memenangi suara elektoral sementara dengan perolehan angka 224 dan Trump 213.

Sejumlah besar suara belum terhitung di kubu Demokrat, di antaranya di Georgia, Michigan, dan Pennsylvania, di mana Trump saat ini memimpin di sana.

Biden memimpin tipis di Wisconsin sebelum pukul 05.00 ET (17.00 WIB) dan keuntungan kecil di Michigan sekitar pukul 09.00 ET (21.00 WIB).

Dengan banyak suara tersisa yang belum dihitung pada pagi itu, berikut adalah 5 kesimpulan dari pemilu AS 2020 sejauh ini yang dilansir dari CNN pada Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Pilpres AS: Skenario Kiamat yang Ditakutkan Rakyat Amerika Mulai Terwujud

Trump mengumumkan kemenangan sebelum waktunya

Pada Rabu pagi dini hari, Trump menyerukan untuk menghentikan penghitungan suara sah, lalu menyatakan kemenangan dengan jutaan suara yang beredar di beberapa negara bagian dan secara keliru dan secara keliru mengklaim bahwa bahwa Demokrat mencoba untuk "mencuri pemilihan".

Momen itu merupakan ancaman mengerikan bagi demokrasi.

Namun, deklarasi Trump tidak berdampak pada penghitungan suara negara bagian, dengan banyak yang berencana untuk melanjutkan pemrosesan surat suara yang tidak hadir pada Rabu pagi.

Biden berbicara dengan pendukungnya pada Rabu pagi di Delaware, mengatakan kepada mereka bahwa "kami yakin kami berada di jalur yang tepat untuk memenangi pemilihan ini."

"Jaga keyakinan kalian, kami akan memenangi ini," kata Biden.

Baca juga: 5 Negara Bagian Ini Bakal Jadi Penentu Hasil Pilpres AS, Apa Saja?

Kekecewaan Partai Demokrat

Dua penantang Senat Demokrat, Jaime Harrison di South Carolina dan Amy McGrath di Kentucky, mengumpulkan dana gabungan sekitar 200 juta dollar AS (Rp 2,9 triliun) untuk menantang Senator Republik Lindsey Graham dan Mitch McConnell.

Keduanya kalah. Penantang Demokrat di Iowa dan Montana juga kalah.

Meskipun angka penggalangan dana memecahkan rekor di seluruh peta pemilihan, harapan Demokrat pupus untuk mendapatkan keuntungan bersih, yaitu 3 kursi jika Biden menang, atau empat jika Trump menang, untuk memberi mereka mayoritas Senat.

Harapan itu sekarang dapat bergantung pada Georgia, di mana setidaknya satu dan kemungkinan 2 pemilihan Senat akan menuju putaran kedua.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com