Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Seperti Apa Pemilu Amerika di Tengah Pandemi?

Kompas.com - 04/11/2020, 09:37 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Tak hanya pandemi virus corona, kemerosotan ekonomi, ketegangan rasial dan nasib demokrasi Negeri "Uncle Sam" turut membayangi pemilihan presiden Amerika Serikat tahun ini.

Orang Amerika memilih antara Presiden Donald Trump dan penantangnya dari Demokrat, Joe Biden dengan banyak orang menyebut pemilihan presiden AS tahun ini adalah yang paling berpengaruh seumur hidup.

Sebelum matahari terbit, para pemilih berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara di seluruh negeri.

Baca juga: Pilpres AS: Percobaan Ketiga Joe Biden demi Menjadi Presiden

Mereka berdiri dengan menjaga jarak aman satu sama lain, dalam barisan antrean yang mengular di sekolah-sekolah, stadion dan gereja.

Di pusat kota mulai dari New York hingga Denver dan Minneapolis, orang-orang menutup tempat usaha mereka karena pemungutan suara, yang dikhawatirkan mengarah pada kerusuhan seperti yang terjadi di awal tahun ini, ketika protes ketidaksetaraan rasial memuncak.

Baca juga: Jika Trump Kalah Pilpres AS, Bagaimana Nasib Fasilitas GSP Indonesia?

Karena banyaknya jumlah suara yang masuk, hasilnya mungkin tidak dapat segera diketahui karena membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu dan bisa berakhir di pengadilan.

Melansir Associated Press (AP), berikut ini visualisasi proses pemungutan suara di Hari Pemilu Presiden AS, Selasa (3/11/2020).

Para pemilih menunggu dalam antrean di luar gedung pemerintah daerah Bucks di Doylestown, Pinggiran kota Philadelphia, pada Senin, 2 November 2020. Beberapa mengatakan mereka menerima kabar bahwa surat suara mereka bermasalah dan perlu diperbaiki secara berurutan untuk menghitung.AP/Mike Catalini Para pemilih menunggu dalam antrean di luar gedung pemerintah daerah Bucks di Doylestown, Pinggiran kota Philadelphia, pada Senin, 2 November 2020. Beberapa mengatakan mereka menerima kabar bahwa surat suara mereka bermasalah dan perlu diperbaiki secara berurutan untuk menghitung.

Baca juga: Pemilu Amerika Serikat dalam Pandangan Para Diaspora Indonesia

Para pemilih menandai surat suara mereka di Gereja First Presbyterian pada Hari Pemilihan, Selasa, 3 November 2020, di Stamford, Conn. AP/Jessica Hill Para pemilih menandai surat suara mereka di Gereja First Presbyterian pada Hari Pemilihan, Selasa, 3 November 2020, di Stamford, Conn.

Baca juga: Pemilu Amerika Serikat, Ini Jadwal dan Link untuk Memantau Hasilnya

Seorang petugas pemungutan suara berbicara kepada pemilih sebelum mereka memberikan suara pada Hari Pemilihan di Atlanta pada hari Selasa, 3 November 2020.AP/Brynn Anderson Seorang petugas pemungutan suara berbicara kepada pemilih sebelum mereka memberikan suara pada Hari Pemilihan di Atlanta pada hari Selasa, 3 November 2020.

Baca juga: Covid-19, Rasisme, dan Perubahan Iklim Jadi Perhatian Kaum Muda di Pemilu Amerika Serikat

Seorang pemilih mengisi surat suaranya di Owyhee County Museum pada Hari Pemilihan, di Murphy, Idaho, pada hari Selasa, 3 November 2020. AP/Otto Kitsinger Seorang pemilih mengisi surat suaranya di Owyhee County Museum pada Hari Pemilihan, di Murphy, Idaho, pada hari Selasa, 3 November 2020.

Baca juga: Sentimen Pilpres Amerika Dorong IHSG Menguat Pagi Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com