Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Covid-19 Dunia: Angka Kematian 1,2 Juta dan Laporan Terbaru Sejumlah Negara

Kompas.com - 03/11/2020, 12:54 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Xinhua

KOMPAS.com - Jumlah kematian akibat Covid-19 di seluruh dunia menembus angka 1,2 juta jiwa pada Senin (2/11).

Perhitungan tersebut menurut lembaga Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Universitas Johns Hopkins sebagaimana dilansir dari Xinhua.

Data CSSE menyebutkan angka pasti kematian akibat penyakit itu mencapai 1.200.471 jiwa. Sedangkan total kasus positif secara global tercatat lebih dari 46,5 juta

Amerika Serikat (AS) masih menjadi negara yang terdampak Covid-19 paling parah, dengan 9.207.362 kasus positif dan 230.996 kematian.

Brasil menyusul di peringkat kedua untuk angka kematian terbanyak setelah AS, dengan 160.074 korban meninggal.

Baca juga: Rekan Kerjanya Positif Covid-19, Presiden Panama Isolasi Mandiri

Sementara itu, India menjadi negara ketiga di dunia untuk angka kematian terbanyak yakni 122.607 jiwa, serta negara kedua untuk jumlah kasus positif virus corona terbanyak dengan lebih dari 8,2 juta kasus.

Negara-negara yang mencatatkan lebih dari 33.000 kematian mencakup Meksiko, Inggris, Italia, Perancis, Spanyol, Iran, dan Peru.

Angka kematian global akibat Covid-19 mencapai tonggak suram dengan kematian 1 juta jiwa pada 28 September lalu.

Selain itu, dilansir dari Xinhua, berikut perkembangan terkini perjuangan global melawan pandemi Covid-19.

Baca juga: Australia Gencar Diplomasi Vaksin Covid-19, China Ingin Indonesia Jadi Pusat Produksi

NEW DELHI 

Hingga Senin, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di India mencapai 8.229.313 saat 45.231 kasus baru terdeteksi di seluruh negara tersebut dalam 24 jam terakhir, ungkap data terbaru yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India.

Dengan tambahan 496 kematian sejak Minggu (1/11) pagi, jumlah kematian akibat pandemi itu di India mencapai 122.607, seperti dipaparkan dalam data kementerian tersebut.

ULAN BATOR

Mongolia pada Senin melaporkan tiga kasus baru Covid-19, sehingga menambah total kasus secara keseluruhan menjadi 349, menurut Pusat Penyakit Menular Nasional (NCCD) negara tersebut.

"Kasus terkonfirmasi COVID-19 baru-baru ini menimpa sejumlah pengemudi transportasi Mongolia yang baru pulang dari Rusia via titik perbatasan Altanbulag," ujar Kepala NCCD Dulmaa Nyamkhuu dalam sebuah konferensi pers.

Baca juga: Pangeran William Pernah Positif Covid-19, tetapi Merahasiakannya

SEOUL

Sebanyak 13 tentara AS beserta lima individu lainnya di Korea Selatan dinyatakan positif terjangkit Covid-19, ungkap Pasukan AS di Korea Selatan (USFK).

Dalam pernyataannya, USFK menyampaikan bahwa 18 individu yang terafiliasi dengan USFK dikonfirmasi terjangkit Covid-19 usai menginjakkan kaki di Korea Selatan antara 25 dan 29 Oktober.

KUALA LUMPUR

Mulai Senin, majelis rendah parlemen Malaysia menggelar rapat untuk terakhir kalinya pada tahun ini di tengah lonjakan jumlah kasus baru Covid-19 yang sedang berlangsung di negara tersebut.

Sesi pertemuan yang berlangsung hingga 15 Desember itu akan membahas dan melakukan pemungutan suara terkait anggaran nasional Malaysia untuk 2021, yang dianggap vital oleh pemerintah dalam memerangi penyebaran pandemi COVID-19 dan untuk pemulihan ekonomi.

Baca juga: Dirjen WHO Masuk Karantina Usai Berkontak dengan Orang Positif Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Xinhua
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com